Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Merokok masih menjadi kebiasaan tidak sehat yang dilakukan oleh sebagian masyarakat di seluruh dunia, termasuk di negara maju seperti Jepang. Bagi pecandunya, merokok bisa dianggap sebagai penghilang stres, apalagi saat sedang sibuk bekerja.

Karyawan Berhenti Merokok, Perusahan Beri Hadiah Ini

Salah satu perusahaan yang ada di ibukota Jepang, Tokyo, bernama Piala Inc menjanjikan hadiah bagi karyawannya yang mau berhenti merokok. Hadiah ini bukan barang atau bonus pendapatan, melainkan tambahan enam hari cuti dalam setahun.

Meski terlihat seperti hal yang sepele, tambahan cuti enam hari sebenarnya sangat menggiurkan karena bisa memberikan kesempatan para pekerja untuk bersantai atau bahkan berlibur ke tempat wisata dengan lebih lama.

Keputusan untuk menambah cuti bagi mereka yang tidak merokok ini berawal dari keluhan sekelompok karyawan yang tidak melakukan kebiasaan merokok yang merasa kurang nyaman dengan kebiasaan karyawan lain yang tetap merokok. Pihak perusahaan pun akhirnya mencari cara agar karyawan yang merokok mau berhenti melakukannya. Cara tersebut adalah dengan memberikan tambahan cuti agar bisa menarik perhatian karyawan untuk berhenti merokok.

Hingga saat ini, baru empat karyawan yang berhenti merokok dan mendapatkan tambahan cuti, namun diperkirakan akan ada lebih banyak karyawan yang berhenti merokok.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Berhenti merokok memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan mengingat nikotin dalam rokok bisa memicu kecanduan yang sangat parah. Selain itu, banyak perokok yang mengaku badannya terasa tidak enak jika berhenti merokok, namun asalkan tekad untuk berhenti merokok sudah bulat, hal ini pasti bisa untuk dilakukan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi