Terbit: 12 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan tubuh kurus dan ideal, salah satunya adalah dengan cara diet. Saat ini, metode diet yang bisa dilakukan cukup beragam dan bisa dikatakan sebagian dari metode tersebut ampuh dalam menurunkan berat badan.

Berendam di Air Dingin Bisa Buat Tubuh Jadi Kurus, Kok Bisa?

Untuk menyempurnakan program diet yang dijalankan, dibutuhkan usaha lain agar berat badan ideal lebih cepat dan mudah didapatkan, yakni dengan cara olahraga secara rutin. Olahrgapun kini sudah memiliki banyak jenis seperti latihan beban, dan kardio yanh terdiri dari lari, berenang, senam, bersepeda, jalan kaki, dan masih banyak lainnya.

Sayangnya, masih banyak orang yang merasa sulit menurunkan berat badan dengan cara diet dan olahraga. Alasannya, mereka masih mudah tergoda dengan makanan mengadung kalori tinggi yang hampir semuanya memiliki rasa yang cukup lezat.

Padatnya aktivitas pekerjaan membuat mereka tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga. Ditambah lagi dengan rasa lelah akibat seharian bekerja, sehingga hal tersebut seringkali menjadi alasan mereka untuk tidak berolahraga.

Melihat kondisi tersebut, akan sangat sulit mendapatkan tubuh langsing dan ideal seperti yang diidamkan selama ini. Alhasil, mereka akan melakukan cara lain yang dianggap mudah, praktis, dan cepat untuk menurunkan berat badan tanpa harus menjalankan diet dan olahraga secara rutin. Salah satu cara mudah tersebut adalah berendam di dalam air dingin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Memang terdengar sedikit tidak masuk akal, namun sebuah penelitian yang dilakukan di Tokyo menunjukkan bahwa berendam di dalam air dingin dalam waktu yang cukup lama bisa membantu seseorang mempermudah menurunkan berat badan dibanding dengan melakukan hot yoga.

Hal ini dikarenakan suhu dingin dari air bisa membantu meningkatkan kemampuan tubuh mengatur gula darah dan meningkatkan metabolisme. Hal tersebut membuat lemak tidak sehat di dalam tubuh tidak bisa beradaptasi sehingga terbakar dalam tubuh sebagai kalori yang memproduksi panas.

Penelitian ini berfokus pada jenis lemak di dalam tubuh, salah satunya adalah lemak cokelat. Ternyata lemak cokelat merupakan hasil dari paparan terhadap suhu dingin dalam jangka waktu panjang yang menyebabkan sel lemak putih bekerja lebih efesien. Lemak ini berfungsi untuk menghancurkan lemak jahat dan gula berlebih sehingga dapat meningkatkan insulin dan metabolisme dalam tubuh.

Sehingga, berdasarkan penelitian di atas dapat kita simpulkan bahwa berendam di dalam air dingin dapat meningkatkan produksi lemak cokelat. Semakin banyak produksi lemak cokelat dan sedikit lemak putih, maka tubuh akan terhindar dari penyakit seperti obesitas dan diabetes.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi