Terbit: 25 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak yang beranggapan bahwa saat wanita sedang menstruasi tidak dianjurkan untuk berolahraga, terutama berenang. Mungkin anggapan tersebut hanyalah mitos belaka, pasalnya salah satu spesialis kandungan, Maria Sophocles mengatakan bahwa berolahraga untuk wanita yang sedang menstruasi justru tetap dianjurkan karena bermanfaat guna menurunkan gejala nyeri akibat menstruasi.

Berenang di Laut Saat Haid, Aman Atau Tidak?

Photo Credit : pexels.com

Selain itu, Maria juga menambahkan bahwa tidak ada larangan untuk bergerak aktif dan berolahraga saat menstruasi karena menstruasi tidak mempengaruhi olahraga, begitupun sebaliknya.

Namun, yang menjadi masalah utama adalah benarkah saat sedang menstruasi akan tidak aman jika berenang di laut? Pertanyaan tersebut muncul karena anggapan sebagian besar wanita jika berenang di laut saat sedang menstruasi akan mengundang bahaya terutama munculnya ikan hiu. Hal tersebut membuat sebagian besar wanita mengalami ketakutan untuk berenang di laut saat sedang menstruasi. Alhasil, mereka jika sedang liburan ke pantai atau laut dalam keadaan menstruasi, mereka hanya memilih untuk berjalan di atas pasir saja.

Apakah anggapan tersebut benar? Ataukah hanya mitos belaka? Jawabannya adalah mitos. Mungkin Anda berpikir jika berenang di laut saat sedang menstruasi, darah haid akan keluar dan akan mengundang hiu untuk datang mendekati Anda. Anggapan Anda salah besar, karena selama ini belum ada studi atau penelitian yang membuktikan jika hiu akan tergoda dengan aroma darah haid manusia.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Hal tersebut juga diamini oleh Maria Sophocles yang mengatakan bahwa cukup aman jika berenang dan menyelam seperti biasa di laut saat sedang menstruasi.

Dan hal yang paling menakutkan adalah, pada saat berenang darah haid akan keluar dan tembus ke dalam air sehingga mewarnai air di sekitar menjadi merah. Jika hal tersebut terjadi maka akan sangat memalukan. Namun, tahukah Anda jika darah haid tidak akan keluar saat berenang meskipun darah yang keluar saat haid sangat banyak. Pernyataan tersebut dibuktikan tulisan dari sebuah buku yang berjudul Book of Truths yang menyebutkan bahwa pembuluh darah cenderung akan menutup atau mengerut ketika bersentuhan dengan air sehingga aman bagi Anda untuk berenag saat sedang menstruasi.

Jadi Anda bisa menyimpulkan bahwa berenang di laut pada saat menstruasi tidak membahayakan dan aman untuk dilakukan selagi gejala PMS tidak muncul.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi