Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang menyukai olahraga ini, namun tidak semua orang bisa melakukannya. Ya, berenang merupakan salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan di kolam renang, sungai, laut dan di tempat berair lainnya. Olahraga renang memiliki banyak sekali manfaat, di antaranya dapat meninggikan badan, memperpanjang usia, membentuk otot tubuh, dan membakar kalori dalam tubuh, sehingga olahraga ini bisa direkomendasikan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.

Berenang Dapat Merapuhkan Tulang, Hoax Atau Fakta?

Photo Credit : pexels.com

Namun, dibalik manfaat tersebut, ada pula kekurangannya, yakni berenang tidak dapat menguatkan tulang. Ya, olahraga renang tidak dapat menguatkan tulang, sehingga banyak anggapan yang salah selama ini mengenai manfaat berenang untuk tulang. Hal tersebut didukung oleh hasil uji coba seperti dikutip dari laman livestrong yang menyebutkan bahwa berenang bukanlah olahraga yang tepat untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Seperti yang Anda ketahui bahwa, tulang merupakan bagian dari tubuh yang harus selalu dijaga kepadatannya agar tidak mudah keropos. Karena tulang keropos akan menimbulkan masalah penyakit tulang seperti lordosi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, tentu saja Anda akan melakukan berbagai macam olahraga yang dapat menguatkan tulang.

Lalu, mengapa berenang bukan salah satu olahraga yang tepat untuk menguatkan tulang? Jawabannya adalah karena berenang merupakan olahraga yang melawan gaya gravitasi. Efek dari gaya gravitasi adalah terbentuknya berat. Namun, saat berenang, efek gravitasi tersebut akan dikurangi oleh air sehingga tidak akan memberikan berat pada tulang untuk menahannya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Untuk menghasilkan tulang yang kuat, diperlukan olahraga yang bisa memberi beban yang cukup pada tulang. Dengan adanya beban tersebut, tulang akan merespons dan menghasilkan sel yang dapat membentuk tulang menjadi kuat. Akan tetapi, hal tersebut tidak terjadi pada olahraga berenang.

Namun, bukan berarti berenang tidak bisa menjaga kesehatan tulang. Anda masih bisa mendapatkan manfaat baik dari berenang untuk kesehatan tulang Anda. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian dari Jurnal PLoS One tahun 2013 menunjukan bahwa berenang tidak berdampak negatif terhadap massa tulang. Dengan berenang, Anda akan memiliki laju bone turnover atau proses pergantian tulang yang berkelanjutan dalam pembaharuan tulang.

Hanya karena berenang tidak dapat menguatkan tulang, bukan berarti Anda harus menjauhi olahraga ini. Jika Anda sudah menyukai olahraga ini, maka tetap lakukan. Akan tetapi, Anda harus mengombinasikan dengan olahraga lain, seperti lari atau lompat tinggi untuk menambah kepadatan dan kekuatan tulang Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi