Beredar Surat Kemenkes Tentang Hoax Khasiat Kangen Water, Apa Kata Dokter?

air minum isi ulang
Photo Credit: pinsdaddy

DokterSehat.Com– Belakangan ini warganet media sosial, khususnya Twitter, sedang dikejutkan oleh beredarnya surat berita acara pemeriksaan dari Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI pada PT Enagic Indonesia, produsen dari salah satu produsen air kemasan yang cukup terkemuka di Indonesia, Kangen Water.

Dalam surat bertanggal 10 November 2017 ini, Kemenkes memerintahkan PT Enagic Indonesia untuk menarik brosur iklan Kangen Water yang menunjukkan khasiat yang ternyata tidak benar dari produk air alkali ini. Informasi yang dianggap tidak benar tersebut adalah yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water telah diakui negara dan produk Kangen Water bisa menjadi medical device atau menyembuhkan.

Sebagai informasi, air alkali adalah air dengan kadar pH lebih dari 7 atau memiliki ion hidrogen yang lebih banyak. Banyak orang yang percaya bahwa bisa membuat keseimbangan asam-basa di dalam tubuh sehingga bisa memberikan efek menyehatkan.  Hanya saja, akun Twitter @dokterMade menyebutkan bahwa Kangen Water sebenarnya adalah air alkali yang jika diminum sebenarnya memiliki khasiat yang sama layaknya air putih biasa.

Setelah mencapai lambung, air alkali ini akan dinetralisir oleh asam lambung sehingga tidak bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan, bagi penderita maag, bisa jadi minum air alkali akan membuat produksi asam lambung meningkat dan membuat penyakitnya menjadi lebih parah. Hal ini berarti, adanya klaim yang menyebutkan bahwa air alkali bisa menetralisir keasaman dalam tubuh dan membuat air kencing menjadi basa tidak benar adanya.

Memang, ada beberapa testimoni yang menyebutkan bahwa mereka bisa sembuh setelah minum air alkali. Namun, pakar kesehatan menyebut hal ini sebagai placebo effect atau efek penyembuhan karena sugesti positif dari pikiran.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Jakarta Dra Dewi Prawita, Apt, MKes juga ikut angkat bicara tentang produk air ini. Menurutnya, khasiat yang tertera pada brosur iklan produk Kangen Water ini menyesatkan, khususnya yang menganggap air yang dihasilkan dari mesin Kangen Water bisa menjadi obat yang menyembuhkan penyakit. Menurut Dewi, produk ini hanyalah air minum dalam kemasan dan juga air isi ulang biasa.