Terbit: 19 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Munculnya bercak putih di wajah anak kadang dapat menyebabkan anak tidak percaya diri. Banyak orang tua mengira bercak putih tersebut adalah panu. Namun sebenarnya belum tentu panu lho Mom!

Bercak Putih pada Wajah Anak Belum Tentu Panu

Bercak putih pada wajah anak

Ada beberapa penyebab bercak putih pada wajah anak, di antaranya panu (tinea versicolor), pityriasis alba, vitligo dan lain-lain. Meskipun ketiganya sama-sama ditandai dengan bercak putih, namun penyebab dan penanganannya berbeda. Untuk memastikannya, Anda sebaiknya memeriksakannya ke dokter kulit.

Namun salah satu penyebab bercak putih pada anak yang paling sering terjadi adalah pityriasis alba. Pityriasis alba ditandai dengan munculnya bercak tidak jelas, bersisik, dan bercak samar eritematosa. Bercak ini umumnya muncul di wajah, leher, maupun lengan.

Penyebab pityriasis alba dan cara penanganannya

Pityriasis alba umumnya dialami oleh anak-anak yang berusia 3-16 tahun. Kondisi ini disebabkan oleh kulit anak masih rentan dan regenerasinya belum maksimal. Anak-anak yang sering terpapar sinar matahari lebih berisiko mengalami pityriasis alba daripada anak yang jarang terkena sinar matahari.

Secara umum pityriasis alba dapat dibagi menjadi dua, yaitu jenis pigmenting dan pityriasis alba yang meluas. Pityriasis alba yang meluas termasuk kondisi yang jarang terjadi. Secara klinis pityriasis alba kadang sulit dibedakan dengan gangguan pigmentasi lainnya seperti depigmentosus naevus.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Meskipun bukan merupakan penyakit yang serius, namun pityriasis alba agak sulit untuk disembuhkan. Masa penyembuhannya pun bervariasi tergantung kondisi kulit seseorang. Rata-rata anak dapat sembuh dari pityarisis alba setelah 8-24 bulan, namun ada juga yang baru semubh setelah 10 tahun.

Hingga kini belum ditemukan pengobatan yang dapat mengatasi pityarisis dengan cepat. Untuk meredakan gejala, dokter dapat memberikan obat-obatan steroid topikal, atau merekomendasikan obat takrolimus dan terapi laser. Umumnya dokter akan menyarankan anak menggunakan pelembap wajah dan tair surya untuk mengurangi dampak dari kondisi ini.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi