Leher Seperti Ini, Waspada Penyakit Berbahaya

sakit-leher-doktersehat

DokterSehat.Com– Penyakit bisa datang dari berbagai macam hal. Ada yang disebabkan oleh faktor genetik, ada yang disebabkan oleh faktor lingkungan, hingga akibat gaya hidup atau makanan. Masalahnya adalah ada beberapa jenis penyakit yang bisa sangat mematikan namun tidak bisa diobati. Salah satunya adalah diabetes.

Jika sampai seseorang menderita diabetes, mau tidak mau mereka harus mengubah gaya hidup sehari-hari agar penyakit ini tidak akan menyebabkan datangnya komplikasi mematikan. Sayangnya, banyak penderita penyakit ini yang tidak sadar jika mereka sudah mengidapnya. Dalam realitanya, gejala diabetes memang tidak begitu jelas sehingga banyak pasien yang baru menyadarinya saat kondisinya sudah sangat parah.

Sebelum benar-benar menjadi diabetes, biasanya penderitanya akan mengalami kondisi prediabetes, kondisi dimana kadar gula darah sudah berada dalam kondisi yang sangat tinggi namun belum bisa dianggap sebagai kondisi diabetes. Sebagai informasi, prediabetes adalah kondisi dimana kondisi gula darah plasma puasa berada di angka sekitar 100-125 mg/dL. Kondisi ini lebih tinggi dari kondisi kadar gula darah plasma puasa normal yang berada di bawah 100 mg/dL. Sementara itu, kondisi diabetes ditandai dengan kadar gula darah yang mencapai lebih dari 126 mg/dL.

Di kondisi prediabetes ini, tubuh bisa saja menunjukkan gejala yang khas, yakni adanya bercak dengan warna kecokelatan pada punggung atau bagian sisi leher. Masalahnya adalah bercak dengan warna kecokelatan gelap ini seringkali dianggap sebagai daki atau kotoran yang menandakan bahwa seseorang jarang mandi atau malas membersihkan badan. Padahal, meskipun kita sudah berusaha untuk membersihkan bercak di leher ini, tetap saja bercak ini akan tetap ada karena memang penyebabnya adalah kondisi kadar gula darah sudah sangat tinggi.

Mereka yang berada di dalam kondisi prediabetes bisa saja mencegah kedatangan diabetes dan sembuh asalkan mau menerapkan gaya hidup yang jauh lebih sehat. Mereka harus berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan kesembuhan karena kondisi prediabetes setiap orang berbeda-beda sehingga harus mendapatkan penanganan yang berbeda pula.

Satu hal yang pasti, jika kita menemukan tanda bercak ini di leher, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter.