Terbit: 30 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mungkin sudah bosan kita mendengar bahwa kita harus banyak mengonsumsi serat. Konsumsi serat memang wajar dikampanyekan terus menerus karena umumnya kebutuhan serat harian tubuh memang sulit terpenuhi. Namun, konsumsi serat yang berlebihan justru menyebabkan gangguan pada tubuh lo.

Berbahayakah Terlalu Banyak Konsumsi Serat?

Seperti yang sering kita dengar, untuk memenuhi kebutuhan serat harian tubuh, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah, sayur atau kacang-kacangan. Kebutuhan serat harian tubuh kita adalah 25-35 gram, yang dianjurkan oleh World Heart Organization diperoleh dari 400 gram buah dan sayur.

Pada beberapa kondisi, asupan serat diatas kebutuhan memang diperlukan, misalnya saat tahap jangka panjang pasca operasi pencernaan atau kondisi konstipasi karena kurang asupan serat. Namun jika tidak berada pada kondisi tersebut maka serat yang berlebihan tidak diperlukan.

Menurut Natalie Butler, dietitian dari Healthline, asupan serat yang berlebihan apalagi jika dikonsumsi dalam satu kali waktu bersamaan, akan menyebabkan beberapa gangguan diantaranya:

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Perut kembung

  2. Nyeri pada perut

  3. Flatus, atau buang angin berlebihan
  4. Diare atau konstipasi
  5. Gangguan kadar gula darah, yang dapat memengaruhi kondisi penderita diabetes
  6. Mual, muntah hingga demam jika asupan serat sangat berlebihan

Untuk itu penting bagi kita mengonsumsi serat sesuai dengan kebutuhan harian tubuh.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, 400 gram buah dan sayur sebaiknya diterapkan dengan mengonsumsi buah dan atau sayur minimal sebanyak 5 porsi dalam sehari dengan masing-masing porsi sebanyak 80 gram.

Angka tersebut setara dengan tiga buah apel/ buah lainnya yang berukuran sedang dan 10 sendok sayur, sayur berdaun yang direbus dalam satu hari.

Nah, konsumsi banyak serat memang baik, namun asupannya yang berlebihan justru membahayakan tubuh, jadi konsumsi serat secukupnya saja ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi