DokterSehat.Com– Salah satu makanan khas Indonesia yang digemari oleh banyak orang adalah mie ayam. Makanan merakyat dengan harga murah ini bisa ditemukan di berbagai tempat dengan rasa yang luar biasa. Hanya saja, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah mengonsumsi mie ayam dengan frekuensi yang cukup sering bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh?

mie_ayam_doktersehat_1

Jika kita membahas mie, maka hal pertama yang akan kita pikirkan tentu saja adalah mie instan. Sebagaimana kita ketahui, mie instan khas Indonesia memang sudah mendunia kelezatannya sehingga kita pun seperti tidak masalah sering-sering mengonsumsinya. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, mie instan sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering karena miskin nutrisi dan kurang baik bagi kesehatan.

Lantas, bagaimana dengan mie ayam? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mie ayam biasanya dibuat dari mie basah yang tentu tidak memiliki kandungan pengawet. Hal ini berarti, asalkan mie yang dipakai untuk membuat mie ayam masih berkualitas, maka kita tidak akan mudah terkena dampak buruk bagi kesehatan. Selain itu, kebanyakan mie ayam juga ditambahi dengan sayuran seperti sawi atau daun bawang yang tentu akan menambah nilai gizinya.

Hanya saja, Dr. Eko Budidharmaja menyebutkan bahwa terkadang penjual mie instan menambahkan garam atau msg dengan jumlah yang sangat banyak demi membuat rasa mie yang dijualnya menjadi lebih nikmat. Sebagaimana kita ketahui, berlebihan mengonsumsi natrium atau msg bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, banyak orang yang mengonsumsi mie instan dengan tambahan saus yang cukup banyak. Saus termasuk dalam bahan makanan yang kaya akan garam. Selain itu, seringkali saus yang disediakan oleh penjual mie instan adalah saus dengan kualitas yang kurang baik dan dikhawatirkan memiliki kandungan tidak sehat.