Berbahayakah Tak Sengaja Menelan Air Laut?

pantai_doktersehat_2
Photo Source: Twitter/Rinconbeach

DokterSehat.Com– Di akhir pekan seperti sekarang ini, banyak orang yang sengaja pergi ke pantai demi menikmati keindahan suasana di pinggir laut. Mereka bahkan tanpa ragu berenang atau mandi di air laut. Hanya saja, konsekuensi dari tindakan ini tentu saja adalah terkadang kita tanpa sengaja menelan air laut. Apakah hal ini tidak apa-apa bagi kesehatan?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa minum air laut kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Sebagai contoh, Marine Knowledge menyebutkan bahwa berbeda jika kita mengonsumsi air biasa yang membuat kita merasa segar dan menghilangkan haus, mengonsumsi air laut yang asin karena kaya akan kandungan garam justru akan membuat kita lebih rentan mengalami dehidrasi. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang secara alami mencari cara untuk mengeluarkan asupan garam berlebihan dengan cara memperbanyak frekuensi buang air kecil yang tentu akan menurunkan cairan tubuh.

Jika kita menelan air garam dengan jumlah yang terlalu banyak, maka ginjal akan kerepotan untuk menyaring garam di dalam darah. Hal ini akan membuat ginjal bekerja dengan terlalu keras dan akhirnya rentan mengalami gagal ginjal yang sangat berbahaya.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Western Journal of Medicine, beberapa jam setelah mengonsumsi air laut, kita akan lebih rentan untuk terkena diare berat karena usus juga berusaha untuk mengeluarkan garam yang berjumlah sangat banyak. Hal ini akan membuat dehidrasi akan menjadi semakin parah sehingga kita pun lebih rentan terkena halusinasi, kehilangan kesadaran, dan kejang-kejang. Jika kita tidak segera mengonsumsi air mineral demi mengatasi kondisi dehidrasi parah ini, maka otak bisa saja mengalami kerusakan parah.

Melihat adanya fakta ini, jika kita mulai mengalami gejala dehidrasi atau diare setelah tanpa sengaja menelan air laut, segeralah memperbanyak asupan air putih demi mengatasinya atau memeriksakan kondisi ini ke dokter. Berhati-hatilah saat bermain air laut agar tidak mudah menelannya.