Berbahayakah Jika Kita Tidur dengan Perut Lapar?

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntu

DokterSehat.Com– Karena tidak ingin mengalami kenaikan berat badan, cukup banyak orang yang memilih untuk tidur meskipun perutnya berada dalam kondisi lapar. Sebenarnya, apakah hal ini tidak apa-apa bagi kesehatan tubuh?

Pakar nutrisi bernama Stephanie Clarke menyebutkan bahwa tidur dengan kondisi perut lapar sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Banyak orang yang bahkan mengaku tak bisa tidur karena perut terasa sangat tidak nyaman. Bahkan, andaipun kita bisa memejamkan mata, besar kemungkinan tidur menjadi tidak nyenyak atau kerap terbangun. Hal ini tentu akan menurunkan kualitas tidur dengan signifikan dan bisa jadi di tengah malam kita tak tahan lagi dengan rasa lapar dan akhirnya mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Clarke menyarankan kita untuk tetap mengonsumsi makanan jika perut sudah merasa lapar alih-alih membiarkannya kelaparan hingga tertidur. Hanya saja, agar tidak mengalami kenaikan berat badan, ada baiknya memang kita tidak sembarangan dalam memilih makanan yang dikonsumsi di malam hari.

Pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kadar kalori yang berlebihan. Hal ini berarti, asupan roti atau nasi di malam hari sebaiknya kita batasi. Jika memang kita sedang dalam program diet, kita juga bisa mengonsumsi makanan lezat seperti kacang-kacangan atau buah-buahan yang bisa membuat perut kenyang tanpa perlu khawatir mengalami kenaikan berat badan seperti buah pisang atau avokad.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak tidur dengan kondisi perut masih lapar ya? Konsumsilah makanan jika memang perut berada dalam kondisi lapar meskipun tentu saja kita harus selektif saat memilih makanan tersebut.