Terbit: 1 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak semua orang terbiasa untuk buang air besar setiap hari. Ada yang bahkan baru bisa melakukannya dua atau tiga hari sekali. Sebenarnya, apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan?

Berbahayakah Jika Kita Tidak Buang Air Besar Setiap Hari?

Dikutip dari South China Morning Post, jika kita memang terbiasa untuk tidak buang air besar setiap hari, bukannya karena memang sengaja menahan keinginan buang air besar, hal ini ternyata tidak memberikan dampak signifikan bagi kesehatan tubuh. Asalkan tubuh tetap dalam kondisi sehat dan bugar, hal ini berarti frekuensi buang air besar kita wajar-wajar saja.

Pakar kesehatan Dr. Luk Yiu Wing dari The London Medical Clinic in Central menyebutkan bahwa setiap orang ternyata memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda-beda. Memang, kebanyakan akan melakukannya setiap hari, khususnya di pagi hari setelah bangun tidur, namun, cukup banyak pula orang yang terbiasa buang air besar setiap beberapa hari karena memang tidak memiliki keinginan untuk melakukannya.

Hanya saja, jika kita sebelumnya terbiasa melakukannya setiap hari dan tiba-tiba saja mengalami perubahan frekuensi buang air besar atau kesulitan untuk melakukannya meski sudah ada keinginan, bisa jadi ada masalah kesehatan, khususnya pada saluran pencernaan. Hal inilah yang harus diperiksakan ke dokter.

Memang, kebanyakan dari perubahan frekuensi buang air besar ini dipicu oleh masalah sembelit atau konstipasi. Namun, Dr. Luk menyarankan siapa saja yang mengalami perubahan frekuensi buang air besar dengan signifikan, khususnya yang sudah berusia lebih dari 50 tahun, untuk memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter karena bisa saja hal ini dipicu oleh masalah kanker usus besar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Agar buang air besar tetap lancar setiap harinya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga pola makan yang sehat, khususnya dengan selalu memastikan untuk mengonsumsi serat, mencukupi kebutuhan air minum, dan rajin berolahraga.

Kalau Sobat Sehat sendiri biasanya buang air besar berapa hari sekali?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi