Berbahayakah Jika Kita Makan Mie Instan Tanpa Diseduh Seperti Makan Kerupuk?

DokterSehat.Com– Sebagian orang ternyata sengaja mengkonsumsi mie instan tanpa diseduh terlebih dahulu. Dengan melakukannya, maka kita bisa mengkonsumsi mie yang renyah layaknya kerupuk. Agar bisa mendapatkan rasa yang lebih enak, bumbu mie instan pun kita campurkan pada mie kering tersebut. Sebenarnya, apakah makan mie instan yang tidak diseduh ini tidak apa-apa bagi kesehatan?

Pakar kesehatan Dr. dr. Rini Sekartini, SpAK yang berasal dari Fakultas Kedokteran UI menyebutkan bahwa mie instan sebenarnya termasuk dalam makanan yang kurang sehat meskipun masih bisa dianggap aman untuk dikonsumsi. Hanya saja, konsumsi makanan ini juga sebaiknya tidak dilakukan dengan berlebihan demi mencegah datangnya berbagai penyakit berbahaya. Khusus untuk kebiasaan mengkonsumsi mie instan mentah, ada baiknya kita tidak melakukannya karena makanan ini memang sebaiknya direbus terlebih dahulu agar zat di dalamnya lebih aman untuk dikonsumsi.

Jika kita mengkonsumsinya dalam kondisi mentah, maka kita akan mengalami resiko berupa terganggunya saluran pencernaan dengan gejala yang paling umum adalah perut kembung. Sebagian anak-anak yang sering mengkonsumsi mie instan mentah juga mengaku kerap mengalami muntah-muntah atau mengalami gejala gastritis. Jika kebiasaan makan mie instan mentah ini masih dilanjutkan, maka besar kemungkinan kita akan meningkatkan resiko terkena kanker.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita mematuhi aturan penyajian mie instan pada labelnya yang memang sebaiknya direbus bersama dengan air. Meskipun memang memiliki rasa yang enak untuk dijadikan camilan, mie instan sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat masih dalam kondisi mentah.