Berbahayakah Menyetir Kendaraan Sambil Ngobrol?

doktersehat-menyetir-mobil

DokterSehat.Com– Belakangan ini kita mendengar kabar tentang larangan mendengarkan musik saat berkendara karena dianggap bisa menyebabkan pengemudi hilang konsentrasi. Akibatnya, risiko terkena kecelakaan pun meningkat.

Namun, sebuah pertanyaan lain kemudian muncul. Apakah mengobrol saat berkendara juga bisa memecah konsentrasi pengemudi?

Dikutip dari Health24, Afrika Selatan adalah salah satu negara dengan kasus kecelakaan mobil cukup tinggi di dunia. Otoritas setempat menyebutkan bahwa cukup banyak kasus kecelakaan terjadi di sana yang disebabkan oleh pengemudi sedang bertelepon atau mengobrol dengan penumpang.

Menurut Sarah Simmons, Ph.D dari University of Calgary, Kanada, banyak orang yang berpikir jika dengan mengajak pengemudi mengobrol, maka mereka tidak akan mudah mengantuk. Padahal, dalam realitanya, pengemudi yang diam justru akan berkendara dengan lebih aman jika dibandingkan dengan pengemudi yang mengobrol.

Menurut Simmons, ada banyak sekali hal yang bisa memecah konsentrasi seseorang. Sayangnya, meski terlihat sepele, mengajak pengemudi mengobrol sebenarnya juga membuat pikiran mereka teralihkan sesaat dari jalanan.

Simmons dan rekan-rekannya meneliti kembali berbagai riset yang menunjukkan penyebab teralihnya konsentrasi pengemudi di jalanan dalam 25 tahun terakhir. Hasil penemuan mereka kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Human Factors ini menghasilkan fakta bahwa mengunakan ponsel dan bertelepon adalah yang paling sering mengalihkan konsentrasi. Bahkan, meskipun kita menggunakan peralatan hands-free saat bertelepon, tetap saja konsentrasi di jalanan akan teralihkan.

Yang menjadi masalah adalah saat kita mengajak pengemudi mengobrol, terkadang tanpa disadari, pengendara memalingkan wajah pada orang yang mengajaknya ngobrol. Atau, sedang memikirkan jawaban dari pertanyaan yang kita lontarkan dan hal-hal lainnya. Saat itulah sebenarnya konsentrasi  sudah teralihkan dan tak lagi benar-benar fokus pada jalanan.

Meskipun efeknya memang tidak seberbahaya saat menggunakan ponsel, ada baiknya memang kita tidak sering-sering mengajak pengemudi mengobrol ya!