Cara Mengatasi Wasir dengan Obat, Pembedahan, dan Pengobatan Alami

cara-mengobati-wasir-doktersehat

DokterSehat.comHaemorrhoids atau orang biasa menyebutnya wasir adalah penyakit atau gangguan pada anus di mana bibir anus mengalami pembengkakan yang terkadang disertai pendarahan. Penyakit yang juga disebut ambeien ini dapat terletak di dalam rektum (wasir dalam), atau mungkin berkembang di bawah kulit di sekitar anus (wasir luar).

Kini sudah banyak pilihan pengobatan yang efektif untuk mengobati wasir. Sebagian besar cara mengobati wasir bisa Anda lakukan sendiri dengan menerapkan gaya hidup sehat. Meski begitu, diperlukan pula obat-obatan atau prosedur bedah jika dibutuhkan.

Baca juga: Tips Agar Wasir Tidak Bertambah Parah

Obat Wasir

Jika wasir Anda hanya menyebabkan ketidaknyamanan ringan, Anda mungkin masih bisa menggunakan obat yang dijual bebas seperti salep atau supositoria. Produk-produk ini mengandung bahan-bahan, seperti steroid dan analgetik, yang dapat memberi efek antiinflamasi (anti-peradangan) dan mengurangi rasa sakit untuk sementara waktu.

Namun, jangan menggunakan obat atau produk lainnya selama lebih dari seminggu kecuali atas anjuran dokter. Produk-produk ini dapat menyebabkan efek samping, seperti ruam (peradangan dan perubahan warna pada kulit), penipisan kulit atau bahkan dapat menimbulkan alergi.

Prosedur Tindakan atau Cara Mengobati Wasir

Wasir yang nyeri sekali disertai perdarahan yang persisten, dapat dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter. Prosedur tindakan wasir dapat melalui tindakan non bedah atau tindakan bedah. Adapun tindakan non bedah (non invasif) yang biasanya dapat direkomendasikan seperti:

1. Ligasi pita karet

Dokter akan meletakkan satu atau dua pita karet kecil di sekitar area wasir internal untuk memotong sirkulasinya. Prosedur ligasi pita karet ini efektif untuk penderita wasir dengan derajat II. Prosedur ligasi pita karet ini akan menimbulkan rasa ketidaknyamanan dan dapat menyebabkan pendarahan dalam waktu tiga sampai lima hari setelah prosedur dilakukan.

Baca juga: Ambeien – Gejala, Penyebab, dan Mengobati

2. Penyuntikan

Dalam prosedur ini, dokter akan menyuntikkan larutan kimia seperti quinine, polidocanol dan zinc chloride, ke dalam jaringan wasir supaya menyusut. Suntikan bisa menyebabkan nyeri atau tidak. Tapi, sayangnya cara menyembuhkan wasir ini mungkin kurang efektif dibanding dengan ligasi pita karet.

3. Koagulasi (inframerah, laser atau bipolar)

Teknik Koagulasi menggunakan laser atau cahaya inframerah atau panas. Teknik ini bisa membuat wasir internal mengeras dan menciut. Koagulasi juga memiliki sedikit efek samping.

Cara Mengobati Wasir dengan Pembedahan

Jika prosedur lainnya belum berhasil atau wasir masih tetap besar, dokter akan menyarankan untuk melakukan prosedur pembedahan. Cara menyembuhkan wasir dengan pembedahan ini dapat dilakukan dengan rawat jalan atau mungkin pasien harus tinggal di rumah sakit selama semalam.

Dokter akan mengambil jaringan yang berlebihan yang menyebabkan perdarahan dengan menggunakan berbagai teknik. Operasi dapat dilakukan dengan pembiusan lokal yang dikombinasikan dengan sedasi. Hemorrhoidectomy adalah cara yang paling efektif dan lengkap untuk menghilangkan wasir sampai saat ini.

Kebanyakan orang akan mengalami rasa sakit setelah prosedur ini dilakukan. Untuk mengurangi rasa sakit Anda bisa mengonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit serta perbanyak makan buah dan sayuran.

Cara Mengatasi Wasir dengan Alami

Selain prosedur tindakan non bedah dan pembedahan, ada pula beberapa pilihan pengobatan alami untuk mengurangi gejala wasir yang bisa Anda lakukan di rumah, di antaranya:

1. Lidah buaya

Gel lidah buaya telah lama digunakan untuk mengobati wasir dan mengatasi berbagai kondisi kulit. Lidah buaya diperkirakan memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi iritasi.

Meskipun tidak ada bukti klinis yang cukup tentang keefektifan gel lidah buaya untuk wasir, Pusat Nasional untuk Kesehatan Gratis dan Terpadu (NCCIH) yang berbasis di Amerika, menyebut bahwa lidah buaya sangat aman untuk penggunaan topikal.

Gel lidah buaya dapat Anda temukan dalam produk lain, tetapi Anda hanya boleh menggunakan gel lidah buaya murni untuk wasir. Gel lidah buaya murni juga dapat diambil langsung dari dalam daun tanaman lidah buaya.

Namun harus diperhatikan juga lidah buaya yang digunakan harus benar-benar dalam keadaan bersih. Selain itu perlu pula diwaspadai untuk orang-orang yang memiliki bakat alergi terhadap lidah buaya, tidak dianjurkan untuk pemakaian dengan metode ini.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah pelembap alami, yang juga dapat membantu mengatasi gejala wasir. Mengoleskan minyak kelapa pada area wasir dapat mengurangi iritasi dan pembengkakan, dan juga membantu mengurangi keinginan untuk menggaruk.

Baca juga: 8 Obat Ambeien atau Wasir Alami yang Ampuh dan Bisa Dibuat di Rumah

3. Kompres dingin

Kompres es atau kompres dingin ke anus untuk meredakan pembengkakan selama 15 menit sekaligus dapat membantu mengatasi wasir. Untuk wasir yang kecil dan ringan, kompres dingin bisa menjadi pengobatan yang sangat efektif. Caranya bungkus es batu menggunakan kain atau handuk lalu kompres ke bagian wasir. Perlu diingat, jangan pernah mengompres sesuatu yang beku secara langsung ke kulit.

4. Menggunakan pakaian longgar berbahan katun

Mengganti celana ketat dengan celana dalam berbahan katun dapat membantu menjaga area anal tetap bersih dan kering. Cara ini berpotensi mengurangi gejala wasir. Jadi, Hindari juga penggunaan deterjen wangi atau pelembut kain untuk mengurangi iritasi.

5. Menggunakan handuk basah saat BAB

Jangan menggunakan kertas toilet kering. Untuk membantu menjaga area anal tetap bersih setelah buang air besar (BAB), gunakanlah handuk basah atau kertas toilet basah yang tidak mengandung parfum atau alkohol.

Ingat Teman Sehat! Selalu konsultasikan dengan dokter Anda mengenai metode apa yang terbaik untuk dijadikan pilihan untuk mengobati wasir.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Antonius Hapindra Kasim.