Terbit: 2 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak cara untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Selain menggunakan berbagai produk kecantikan, Anda juga bisa menggunakan bahan alami yang mudah ditemui sehari-hari. Salah satu yang bisa Anda coba adalah alpukat. Alpukat ternyata tidak hanya lezat untuk dikonsumsi dan baik untuk diet, namun juga bermanfaat bagi perawatan wajah dan kulit. Beberapa khasiat alpukat antara lain:

doktersehat-alpukat-avocado

Melembabkan kulit wajah
Alpukat kaya akan kandungan minyak, vitamin E, dan kaya antioksidan yang baik bagi tubuh. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat masker alpukat. Pertama, campurkan alpukat, madu dan yoghurt hingga rata, lalu oleskan pada wajah. Diamkan hingga beberapa saat, lalu bersihkan wajah dengan air hangat. Selain dapat mengangkat sel kulit mati, masker ini juga dapat meredakan jerawat yang meradang dan meredakan kulit yang terbakar matahari.

Cara kedua yaitu campurkan setengah buah alpukat dengan 1 sendok teh minyak almond atau minyak zaitun, haluskan, lalu oleskan pada wajah dan bersihkan dengan air hangat.

Membersihkan pori-pori wajah
Masker alpukat juga dapat Anda gunakan untuk membersihkan pori-pori kulit. Pertama-tama, kocok kuning telur hingga berbusa, lalu tambahkan daging alpukat dan setengah cangkir susu. Aduk campuran ini hingga rata seperti lotion, lalu oleskan pada wajah. Untuk meredakan bau amis usai menggunakan masker wajah ini, Anda bisa membasuh wajah dengan menggunakan air hangat yang diberi perasan jeruk nipis.

Menghaluskan kulit tangan
Bagi Anda yang sering melakukan pekerjaan rumah tangga tentu ingin mengembalikan tekstur kulit agar menjadi halus. Anda bisa menggunakan alpukat sebagai scrub tangan dengan menambahkan beberapa bahan seperti jeruk nipis, putih telur dan gandum.

Caranya, haluskan alpukat di dalam wadah atau mangkuk. Tambahkan satu putih telur, segenggam gandum atau oat, dan perasan air jeruk nipis secukupnya. Aduk campuran ini hingga rata, lalu gunakan untuk memijat tangan. Diamkan hingga 20 menit, lalu basuh dengan air hangat.

Mengurangi minyak berlebih pada wajah
Untuk masker kulit berminyak, Anda dapat mencampurkan air perasan lemon, alpukat, dan telur menggunakan blender hingga menjadi pasta halus. Oleskan masker ini pada wajah, tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air hangat.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi