Terbit: 17 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita mengenal daun selada sebagai salah satu sayuran yang dijadikan lalapan atau bahan campuran burger, salad, dan gado-gado. Tak hanya memiliki rasa yang menyegarkan, selada ternyata kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin K, zat besi, kalium, kalsium, serat, dan asam folat.

10 Manfaat Daun Selada bagi Kesehatan

Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa mengonsumsi secangkir daun selada sudah bisa memenuhi 82 persen kebutuhan harian vitamin A dan 60 persen kebutuhan harian vitamin K. Salain itu masih banyak manfaat daun selada bagi kesehatan Anda!

Baca juga: Suka Makan Salad Sayuran? Rasakan Manfaatnya Berikut Ini

Manfaat Selada untuk Kesehatan

Berikut adalah berbagai macam manfaat daun selada untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Menyehatkan jantung

Tingginya kadar asam folat pada daun selada bisa membuat kita menurunkan risiko terkena stroke, penyakit arteri koroner, hingga emboli pada paru-paru. Kandungan vitamin A dan C pada selada juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mencegah datangnya penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin A dan C bisa membuat kulit semakin sehat, kenyal, dan kencang. Tak hanya itu, Manfaa selada yang kaya kandungan air akan membuat kulit terjaga kelembapan alaminya.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin dalam selada mampu memperkuat sel imun tubuh sehingga akan lebih baik dalam melawan berbagai virus dan kuman penyebab penyakit. Sebagai contoh, vitamin A bisa mengatasi peradangan, infeksi, hingga kerusakan sel pada tubuh.

4. Menyehatkan mata

Sudah menjadi rahasia umum jika vitamin A pada daun selada bisa mendukung kesehatan mata. Dengan rutin mengonsumsi selada, maka kita pun akan mencegah datangnya penyakit seperti glaukoma, katarak, dan penurunan penglihatan pada lansia.

5. Mencegah pengeroposan tulang

Tingginya kadar vitamin K dan kalsium pada daun selada bisa membuat kita mencegah penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteopenia.

Baca juga: Tak Suka Salad? Ini 3 Menu Khas Indonesia yang Sama Sehatnya

6. Baik bagi ibu hamil

Kandungan asam folat bisa menurunkan risiko melahirkan bayi dengan kecacatan. Selain itu, kandungan vitamin K bisa mencegah pendarahan setelah proses persalinan. Karena alasan inilah ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi daun selada.

7. Membantu Penurunan Berat Badan

Daun selada mengandung serat dan selulosa. Manfaat daun selada dapat melancarkan pencernaan. Memperbaiki pencernaan mungkin tidak terdengar seperti hal yang baik untuk menurunkan berat badan, tetapi sebenarnya penting untuk mengontrol berat badan jangka panjang.

Serat juga membantu mengeluarkan garam empedu dari tubuh. Ketika tubuh menggantikan garam-garam ini, ia menguraikan kolesterol untuk melakukannya. Inilah mengapa selada juga baik untuk hati.

8. Mengatasi insomnia

Cairan putih yang keluar dari daun selada ketika dipotong ini disebut lactucarium. Cairan ini memiliki sifat yang membuat kita rileks, mirip dengan opium tetapi tanpa efek samping yang kuat. Cukup makan beberapa daun atau minum jus selada dapat mengatasi insomnia.

9. Membuang racun

Mineral dalam selada membantu membuang racun dan menjaga keseimbangan asam atau basa. Setelah seimbang pada tingkat ini ada sejumlah manfaat termasuk energi yang lebih besar, lebih jernih berpikir, tidur nyenyak, dan meremajakan kulit.

10. Mengontrol gula darah

Daun selada memiliki indeks glikemik rata-rata 15, tetapi karena memiliki sangat sedikit kalori, beban glikemiknya dianggap nol. Makanan dengan indeks glikemik rendah sangat bagus untuk siapa pun yang mengatasi gula darah atau untuk mengatur berat badan. Tentu saja, selada tidak memiliki gula putih atau halus dan sejumlah masalah yang menyertainya.

Baca juga: 4 Pilihan Buah & sayur yang Segar Plus Super Sehat untuk Siang Hari

Jenis Daun Selada

  1. Butterhead, yang memiliki daun longgar dan bertekstur seperti mentega. Varietas ini banyak dibudidayakan di Eropa.
  2. Celtuce, juga disebut varietas Cina. Ini memiliki daun beraroma kuat yang panjang dan meruncing.
  3. Crisphead, berbentuk seperti bulat yang padat dan menyerupai kubis. Ini juga disebut selada gunung es, mengingat kandungan airnya yang tinggi. Bentuk lain crisphead adalah selada mentega atau butterhead, yang menyerupai kubis. Boston lettuce adalah bentuk selada mentega lainnya.
  4. Looseleaf, yang memiliki daun beraroma lembut dan halus. Beberapa varian termasuk daun ek hijau dan daun ek merah.
  5. Romaine lettuce, yang memiliki kepala panjang dari daun yang kokoh. Ini adalah jenis selada yang paling bergizi dan paling populer yang digunakan di Amerika Serikat. Selada Romaine juga disebut cos.
  6. Summer crisp, yang membentuk kepala agak padat yang memiliki tekstur renyah. Ini adalah selada perpaduan antara jenis crisphead dan looseleaf.
  7. Lamb lettuce, yang memiliki daun gelap panjang berbentuk sendok dan rasanya sangat tajam.

Nah, itulah manfaat daun salada bagi kesahatan. Mulai sekarang, yuk rutin menambahkan selada pada makanan siang Anda, Teman Sehat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi