5 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com– Biasanya orang hanya akan menggunakan air garam bila mengalami radang tenggorokan. Manfaat kumur air garam dapat meringankan radang tenggorokan dengan cepat. Air garam ternyata juga bisa memberikan manfaat yang jauh lebih banyak daripada sekadar mengatasi radang tenggorokan. Apa sajakah manfaat air garam bagi kesehatan tubuh kita?

Manfaat Air Garam untuk Kesehatan

1. Membantu tubuh terhidrasi

Mengonsumsi garam secara berlebihan bisa membuat kita mengalami dehidrasi sehingga kita pun akan terus merasa haus. Namun, menurut pakar kesehatan, jika kita meminum air garam dengan porsi yang tepat, maka kita justru bisa membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat air garam ternyata bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat atau membuat kulit tetap halus. Kita hanya perlu menggunakannya sebagai kompres kulit untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Baca juga: 5 Bahaya Air Garam untuk Kulit Wajah Sensitif!

3. Detoksifikasi tubuh

Dengan meminum air garam, maka kita akan membunuh berbagai bakteri atau bahkan membantu proses pengeluaran berbagai racun di dalam tubuh. Pakar kesehatan sendiri menyarankan minum air hangat yang sudah dicampur dengan setengah sendok teh air garam saat pagi hari untuk membantu proses detoksifikasi pada tubuh.

4. Menyehatkan hati

Menurut pakar kesehatan, air garam ternyata bisa membantu proses regenerasi sel-sel yang sangat penting pada organ hati atau liver, jantung, hingga paru-paru. Bila minum air garam dengan porsi yang tepat, maka organ hati pun akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena berbagai penyakit yang berbahaya.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Air garam ternyata bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah susah tidur atau insomnia. Kita hanya perlu minum air garam ini sebelum tidur. Tubuh pun akan menyerap nutrisi dalam air garam ini dan membuat pikiran menjadi lebih tenang sehingga kita pun akan segera terlelap.

Manfaat Air Garam untuk Kecantikan

Selain untuk seketahan tubuh Anda, berikut manfaat air garam untuk wajah:

1. Membersihkan pori-pori

Garam membantu membersihkan pori-pori secara mendalam, menyeimbangkan produksi minyak dan menggagalkan bakteri yang dapat memicu jerawat dan berjerawat.

2. Sebagai body scrub

Garam adalah eksfoliasi alami dan lembut yang dapat mengelupas kulit mati. Air garam juga memiliki mineral untuk melembutkan kulit dan mengembalikan hidrasi.

3. Meremajakan kulit

Garam untuk pengelupas kulit yang menghaluskan kulit. Lidah buaya menghidrasi, menyembuhkan, dan membantu pergantian sel kulit, sementara lavender adalah antiseptik alami yang meningkatkan sirkulasi.

Baca juga: Sinusitis Ternyata Bisa Diobati dengan Air Garam

4. Pembersih kotoran pada kulit

Garam menyerap kotoran, kotoran, dan racun dan membersihkan pori-pori kulit Anda secara mendalam. Kandungan mineral garam membantu memulihkan penghalang pelindung di kulit dan membantu menahan hidrasi. Anda mungkin memperhatikan bahwa kulit Anda tidak akan berkerut atau membasahi setelah lama berendam dalam air asin, yang merupakan bukti bahwa mandi garam membantu kulit Anda mempertahankan kelembapannya. Magnesium dalam garam laut juga dapat membantu mengurangi retensi air (yaitu, kembung) di dalam tubuh.

5. Sebagai anti-ketombe

Garam membantu melonggarkan dan menghilangkan serpih yang ada saat merangsang sirkulasi untuk kulit kepala yang sehat. Bahan ini juga menyerap kelebihan minyak dan kelembaban untuk mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat akar ketombe.

6. Pemutih gigi

Garam dan baking soda adalah abrasive lembut yang akan membantu menghilangkan noda dan mencerahkan gigi. Garam juga mengandung sumber alami fluoride, yang merupakan bonus untuk gigi dan gusi Anda.

7. Menyehatkan kuku

Garam melembutkan kutikula dan kulit serta menguatkan kuku. Sementra baking soda dan lemon bekerja untuk mencerahkan kuku dari noda dan tampak sehat.

_

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria