Terbit: 9 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Wanita mana yang tidak ingin memiliki badan kurus dan langsing? Tentu saja hampir setiap wanita menginginkannya, juga termasuk Anda, bukan? Ya, memiliki badan yang kurus dan langsing memang menjadi dambaan bagi sebagian besar wanita. Tak heran jika mereka akan melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkannya, mulai dari diet ketat, hingga olahraga setiap hari.

Berat Badan Turun Drastis Tanpa Diet? Bisa Jadi Terkena Penyakit ini

Akan tetapi, dalam beberapa kasus ada orang yang bisa mengalami penurunan berat badan tanpa harus diet dan olahraga. Bahkan, jumlah bobot badan yang berkurang bisa dikatakan cukup drastis. Walaupun mengalami penurunan berat badan sangat menyenangkan, akan tetapi perlu Anda waspadai. Sebab, Berat badan yang turun secara drastis tanpa program diet biasanya menandakan beberapa kondisi berbahaya seperti berikut ini.

1. Depresi

Depresi atau stres umum terjadi pada setiap orang, terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas pekerjaan menumpuk dan padat. Depresi jika tidak ditangani dengan segera akan mengakibatkan nafsu makan berkurang, bahkan hilang. Hal tersebut dapat menyebabkan Anda kehilangna berat badan secara drastis tanpa Anda sadari.

2. Diabetes

Jika Anda sering haus dan buang air kecil lebih sering dari biasanya, bisa dipastikan bahwa Anda sedang menderita penyakit diabetes. Penyakit tersebut juga bisa menurunkan berat badan Anda secara signifikan. Hal ini dikarenakan tubuh Anda akan mengeluarkan glukosa yang tidak bisa menyerap dengan baik. Tidak hanya itu saja, tubuh Anda akan menghisap makanan dari otot-otot yang menyebabkan Anda mengalami penurunan berat badan.

3. Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya di dunia, sebab penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Ada beberapa jenis kanker yang bisa membuat Anda kehilangan berat badan secara drastis, seperti kanker usus. Kanker tersebut bisa menyebabkan radang dan tubuh sulit untuk menyerao nutrisi. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba tanpa melakukan diet, ada baiknya Anda segera memeriksanya ke dokter.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi