Terbit: 10 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berat badan Anda sudah ada pada angka yang sesuai dengan target diet? Wah, berarti diet Anda sudah satu langkah menuju keberhasilan. Langkah selanjutnya adalah hal yang cukup sulit, yaitu mempertahankannya.

Berat Badan Sudah Turun, Ini 3 Tips Mempertahankannya

Tentu sering kita mendengar bahwa banyak orang yang berat badannya kembali naik, padahal sebelumnya dietnya berhasil. Hal ini tentu kerap terjadi utamanya jika tidak mengetahui bagaimana cara menyiasati agar berat badan dapat bertahan.

Mempertahankan berat badan setelah diet menjadi fokus perhatian yang dilakukan oleh Center for Disease Control and Prevention, utamanya untuk orang yang telah berhasil lepas dari kondisi obesitas.

Untuk itu perlu kita ketahui apa saja tips agar berat badan yang sudah turun tersebut dapat diperhatikan, yaitu:

1. Menerapkan pola makan sehat yang tepat

Pola makan sehat adalah pola makan yang seimbang dan bervariasi. Agar seimbang kita harus mengetahui berapa besar kebutuhan dengan memerhatikan beberapa faktor yang dapat memengaruhi yaitu kondisi fisik saat ini, usia, jenis kelamin dan faktor aktivitas. Untuk mengetahui hal bisa dilakukan dengan berkonsultasi kepada dietitian .

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Poin ini merupakan poin penting agar asupan makan tubuh tidak berlebihan sehingga berat badan tidak kembali naik.

2. Berolahraga

Jika sudah terbiasa berolahraga selama melakukan diet, maka jangan menghentikan kebiasaan tersebut. Menghentikan kebiasaan olahraga dengan tiba-tiba akan menyebabkan lemak tubuh kembali terakumulasi, sehingga meningkatkan risiko berat badan kembali naik. Berolahraga akan membantu mengontrol berat badan dengan lebih baik, selain itu, seperti yang kita ketahui bahwa olahraga adalah hal yang baik untuk kesehatan tubuh secara umum.

3. Melakukan kontrol berat badan mandiri

Selalu pantau berat badan Anda, minimal 3-4 minggu dan selalu catat hasilnya. Hal ini akan membantu memantau berat badan tubuh. Untuk itu jika berat badan Anda naik 0,5 hingga 1 kilo dalam setiap kali penimbangan maka evaluasilah apakah penerapan pola makan sehat Anda sudah tepat, ataukah olahraga yang Anda lakukan sudah mulai berkurang. Jika sudah mengetahui penyebabnya maka mulailah mengubahnya.

Nah, itu dia tiga tips agar berat badan dapat selalu dipertahankan, selamat mencoba, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi