Berat Badan Naik Saat Weekend? Ini Cara Mencegahnya!

doktersehat-cokelat-diet-berat-badan

DokterSehat.Com– Diet gagal karena berat badan naik drastis setelah weekend? Berat badan naik saat akhir pekan tentu menggagalkan diet. Lalu harus bagaimana agar berat badan bisa tetap terkontrol saat akhir pekan?

Akhir pekan menjadi saat istirahat dari aktivitas. Umumnya kita lebih merasa santai saat akhir pekan. Namun hal ini kadang membuat kita lalai dengan program diet sehingga berat badan jadi naik saat akhir pekan.

Menurut pakar kesehatan dan psikologi Cedrid Bryant, akhir pekan seakan menjadi jebakan dalam melakukan diet.

Hal ini disebabkan kita merasa lebih rileks dan pola makan menjadi tidak teratur.  Selain itu, penelitian menyebutkan bahwa asupan makanan dan minuman, utamanya alkohol, menjadi lebih tinggi saat akhir pekan.

Kebiasaan makan diluar rumah atau memasak masakan khusus saat akhir pekan menjadi salah satu penyebab utama kenaikan berat badan di akhir pekan. Untuk itu ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya, yaitu:

1. Pilih bahan makanan dengan tepat
Pilih makanan dan minuman yang tidak mengganggu diet Anda, hindari minuman bersoda atau alkohol, serta jangan pilih bahan makanan tinggi lemak, misalnya daging ayam beserta kulit saat memasak masakan khusus saat akhir pekan. Begitu pula dengan saat makan di luar rumah.

2. Jangan biarkan perut kosong
Jangan membuat perut kosong dengan sengaja hanya untuk menikmati makanan khusus saat akhir pekan, hal ini akan membuat asupan makanan menjadi lebih banyak dan tidak terkontrol. Sebaiknya tetap makan atau ngemil 2-3 jam sekali agar rasa lapar tidak berlebihan.

3. Pilih camilan sehat untuk menghindari lapar
Saat akhir pekan kepadatan aktivitas tidak seperti hari biasanya, hal ini bisa menyebabkan kita merasa ingin makan, untuk itu pilih camilan yang mengenyangkan misalnya buah, atau sup kaldu.

4. Tetap terapkan prinsip diet Anda meski dengan jadwal yang berbeda
Beberapa prinsip diet yang sedang Anda lakukan harus tetap dilakukan sehingga target diet bisa tetap tercapai. Misalnya mengurangi makanan manis atau asin selama diet, maka tetap terapkan pula pada saat akhir pekan.

Nah, kini Anda sudah tahu bagaimana cara agar berat badan tidak naik saat akhir pekan, kan?