Mengapa Berat Badan Penderita Diabetes Bisa Turun Drastis?

berat-badan-doktersehat

DokterSehat.Com– Jangan senang dulu jika berat badan kita tiba-tiba saja turun dengan cepat dalam waktu yang singkat. Meski bisa membuat bentuk tubuh menjadi semakin ideal, bisa jadi hal ini adalah tanda dari penyakit berbahaya. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan bahwa penurunan berat badan yang drastis dalam waktu singkat bisa jadi adalah tanda dari diabetes. Sebenarnya. Bagaimana cara diabetes membuat berat badan penderitanya menurun dengan cepat meski tidak menjalani diet sama sekali?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa terganggunya produksi insulin di dalam tubuh penderita diabetes ternyata tidak hanya akan memberikan efek berupa kadar gula darah yang sangat tinggi, melainkan juga bisa membuat berat badan menurun.

Sebagai informasi, setelah kita makan, kadar gula darah akan cenderung naik dan memasuki sel-sel agar bisa dimetabolisme menjadi sumber energi tubuh. Hanya saja, di dalam tubuh penderita diabetes, gula darah ini tidak bisa dimetabolisme karena tidak adanya hormon insulin yang berperan dalam fungsi ini. Alhasil, sel-sel tubuh tidak mendapatkan sumber energi dan akhirnya kelaparan. Otot-otot yang tidak mendapatkan sumber energi juga akan mengecil dan menjadi kendur sehingga mengalami penurunan massa.

Karena tidak ada sumber energi, tubuh akhirnya membakar timbunan lemak yang ada dalam tubuh sebagai penggantinya. Karena alasan inilah berat badan bisa menurun dan kita mengalami masalah bau mulut atau bau badan akibat dari proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Jika kita sampai mengalami penurunan berat badan secara drastis, segeralah memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria