Berapakah Suhu Tubuh Normal untuk Orang Sehat?

DokterSehat.Com – Berapakah suhu tubuh normal untuk orang sehat? Jika pertanyaan itu sempat terlintas di benak pikiran, Anda akan menemukan jawabannya pada artikel ini. Sebagian besar orang beranggapan jika suhu badan normal manusia yaitu 37 derajat C. Benarkah demikian?

Kemunculan angka tersebut tidak serta merta muncul begitu saja, namun ada teorinya. Di mana angka tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dokter Carl Wunderlich yang berasal dari negara Jerman. Angka tersebut muncul dari pengecekan suhu tubuh yang dilakukan kepada sekitar 7000 orang pasien di abad ke-19.

Baca juga: Begini Cara Suhu Panas Bisa Bikin Tubuh Sangat Lelah

Namun sepertinya angka 37ºC tersebut bukanlah angka yang tepat untuk menggambarkan suhu tubuh normal pada seseorang, ini ditemukan setelah ada pengkajian ulang di tahun 1992. Angka yang tepat untuk menunjukkan suhu normal manusia yang benar yaitu 36,8 derajat C.

Mungkin Anda menganggap bahwa perbedaannya hanyalah jumlah yang kecil, tetapi fakta menunjukkan bahwa perbedaan kecil tersebut memiliki peranan vital dalam menentukan berbagai hal terkait kesehatan, contohnya saja kesuburan seorang wanita. Jadi perbedaan suhu tubuh tersebut haruslah mendapat perhatian lebih, karena ini merupakan bidang kesehatan, tidak boleh ada perbedaan walaupun sedikit. Mari baca selengkapnya.

Perbedaan Suhu Tubuh Berdasarkan Umur

Kemampuan tubuh untuk mengatur perubahan suhu saat usia bertambah. Secara umum, orangtua lebih sulit menghemat panas. Mereka juga lebih mungkin memiliki suhu tubuh yang lebih rendah.

Suhu tubuh rata-rata berdasarkan usia di antaranya:

1. Bayi dan anak-anak

Suhu tubuh rata-rata pada bayi dan anak-anak berkisar dari 97,9 ° F (36,6 ° C) hingga 99 ° F (37,2 ° C).

2. Orang dewasa

Rata-rata suhu normal dewasa berkisar dari 97 ° F (36,1 ° C) hingga 99 ° F (37,2 ° C).

3. Orang dewasa di atas usia 65

Suhu normal tubuh rata-rata pada orang dewasa yang lebih tua lebih rendah dari 98,6 ° F (36,2 ° C).

Baca juga: Suhu Udara Lebih Dingin, Berbahayakah Bagi Kesehatan?

Perlu diingat bahwa suhu tubuh normal bervariasi dari orang ke orang. Suhu tubuh Anda mungkin hingga 1 ° F (0,6 ° C) lebih tinggi atau lebih rendah. Mengidentifikasi rentang normal Anda sendiri dapat mempermudah Anda untuk mengetahui kapan Anda mengalami demam.

Suhu Tubuh yang Tidak Normal karena Demam

Jika tubuh Anda terkena demam, maka suhu normal pada tubuh akan berubah. Biasanya demam ini sering terjadi pada anak-anak, tetapi jika ini yang terjadi, Anda tidak perlu terlalu panik.

Anda bisa menggunakan bahan-bahan herbal untuk membantu menurunkan demam yang diderita Anda maupun anak Anda. Di sini bukan membahas penyembuhan menggunakan obat-obatan berbahan kimia, sebab menggunakan bahan-bahan herbal alami yang memang bagus untuk kesehatan dan tak memiliki efek samping negatif apapun.

Perlu diketahui bahwa demam bukanlah sebuah penyakit melainkan sebuah gejala. Demam adalah gejala dari tubuh yang terserang oleh infeksi, entah itu infeksi karena bakteri, parasit, jamur, ataupun virus.

Seluruh organ tubuh Anda punya potensi terserang infeksi. Apabila infeksi terjadi di saluran pernapasan, maka muncul lah gejala pilek, batuk, amandel, atau radang tenggorokan. Selain itu, infeksi juga dapat menyerang saluran kencing, telinga, saluran pencernaan, dan yang lainnya.

Faktor yang Memengaruhi Suhu

Para peneliti di tahun 1992 menunjukkan bahwa tubuh kita cenderung hangat sepanjang hari. Akibatnya, demam di pagi hari dapat terjadi pada suhu yang lebih rendah daripada demam yang muncul di kemudian hari.

Waktu siang bukan satu-satunya faktor yang dapat memengaruhi suhu. Seperti yang disebutkan di atas, orang yang lebih muda cenderung memiliki suhu tubuh rata-rata yang lebih tinggi. Ini karena kemampuan kita mengatur suhu tubuh menurun seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Kenapa Hidung Mudah Meler Saat Suhu Dingin?

Tingkat aktivitas fisik dan makanan atau minuman tertentu juga dapat memengaruhi suhu tubuh. Suhu tubuh wanita dipengaruhi oleh hormon juga, dan dapat naik atau turun pada titik yang berbeda selama siklus menstruasi wanita.

Selain itu, bagaimana Anda mengukur suhu dapat memengaruhi pembacaan. Pembacaan ketiak bisa sampai ke tingkat yang lebih rendah daripada pembacaan dari mulut. Dan pembacaan suhu dari mulut sering lebih rendah daripada pembacaan dari telinga atau rektum.

Itulah penjelasan suhu tubuh normal berdasarkan umur seseorang. Jika suhu tubuh Anda tidak normal, patut Anda waspadai, Teman Sehat!