Terbit: 16 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ukuran penis pria masih menjadi perbincangan banyak orang karena masalah kemampuannya dalam bercinta. Pria dengan ukuran penis lebih panjang dianggap lebih hebat saat berhubungan badan ketimbang mereka yang ukurannya di bawah standar. Benarkah demikian? Lantas, berapa ukuran penis normal agar pria bisa menjalankan fungsi seksual dan reproduksinya dengan baik?

Berapa Ukuran Penis Normal untuk Pria Dewasa?

Ukuran penis normal
Ukuran penis normal untuk pria di kawasan Asia sekitar 10-12 cm saat ereksi. Meski demikian, ada pria yang memiliki ukuran lebih dari itu dan kurang dari itu. Yang memengaruhi ukuran penis dari pria adalah gaya hidup terutama saat awal puber dan juga faktor genetis. Kalau pria memiliki gen berpenis panjang, maka kemungkinan dia memilikinya akan besar.

Selain masalah genetis dan juga nutrisi, ukuran penis dari pria juga bisa kecil karena beberapa sebab. Pertama adalah kegemukan. Bagian bawah penis pada pria yang kegemukan akan tertimbun lemak, dampaknya penis akan terlihat lebih kecil dari ukuran normal. Selanjutnya adalah penyakit. Beberapa penyakit menyebabkan penis jadi bengkok dan terlihat menyusut.

Kemampuan penis tidak selalu sama dengan ukuran
Dengan ukuran penis besar dan panjang, pria mungkin bisa dengan mudah melakukan penetrasi apa pun posisi seksnya. Namun yang menentukan keberhasilan fungsi seks dan reproduksi adalah performa dan juga kualitas dari sperma yang dihasilkan.

Katakanlah pria memiliki ukuran penis hanya 12 cm saja. Namun, karena memiliki kondisi badan fit, stamina di atas ranjang jadi baik. Pria tersebut juga memiliki waktu ereksi panjang dan tidak alami ejakulasi dini. Terpenting dari semua, pria dengan kondisi badan sehat, berapa pun ukuran penisnya cenderung memiliki kualitas sperma yang baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Jadi, ukuran penis bukanlah segalanya. Selama pria masih bisa meningkatkan performanya di atas ranjang, kehidupan seks tetap akan berjalan lancar.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi