Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bayi yang menangis adalah hal yang wajar. Menangis merupakan salah satu cara bayi mengkomunikasikan perasaannya pada orang lain di sekitarnya. Banyak orang tua yang beranggapan bahwa membiarkan anak menangis dapat bermanfaat bagi perkembangan paru-paru, namun berapa lama orang tua bisa membiarkan anaknya menangis?

Berapa Lama Boleh Membiarkan Bayi Menangis?

Photo Credit: Beth

Mengapa anak menangis?

Ada beberapa penyebab anak menangis, di antaranya popok penuh, anak merasa lapar, bosan, atau anak merasa tidak aman. Umumnya bayi yang berada di bawah usia empat bulan menangis karena memang membutuhkan sesuatu dan ingin memberi tahu Anda. Jadi sebaiknya Anda tidak terlalu lama membiarkan bayi menangis.

Berapa lama sebaiknya membiarkan anak menangis?

Dilansir dari New Kids Center, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang dibiarkan menangis memiliki perubahan di otak mereka. Pembiaran ini menunjukkan perubahan emosional dan gangguan kesehatan mental dalam jangka panjang. Untuk membiarkan anak menangis, Anda dapat mengikuti panduan sesuai usia anak berikut ini:

Bayi baru lahir hingga usia 3 bulan
Pada usia bayi baru lahir hingga 3 bulan sebaiknya ibu segera menjawab tangisan mereka. Bayi menangis karena benar-benar membutuhkan Anda dan bukan karena mereka manja. Ketika bayi menangis dan Anda segera datang, bayi juga akan merasa bahwa ia tidak diabaikan. Jika Anda sering mengabaikan bayi yang menangis pada usia ini, kemungkinan anak akan mengalami kesulitan emosional dan masalah kepercayaan di kemudian hari serta pola komunikasi yang berubah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Bayi usia 3 hingga 4 bulan
Bayi berusia 3 bulan sudah memiliki rutinitas sehingga Anda lebih mudah untuk mengenali tangisan bayi. Anda mulai dapat mengenali apakah ini jenis tangisan bayi karena lapar, membutuhkan sesuatu, dan mungkin merasa tidak sehat.

Bayi usia 5 hingga 6 bulan
Bayi berusia 5-6 bulan sudah dapat belajar menenangkan diri, sehingga Anda bisa membiarkannya menangis selama beberapa lama. Jika anak Anda menangis lama di usia ini, coba periksa popoknya, beri makan atau minum, ayun-ayun bayi Anda, dan tenangkan tangisannya. Jika dalam beberapa lama tangisannya tidak berhenti, periksa gejala lain yang mungkin berbahaya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi