5 Macam Bentuk Vagina Normal Wanita, Punya Anda Seperti Apa?

bentuk-vagina-normal-doktersehat

DokterSehat.Com – Banyak yang mengira jika bentuk vagina itu sama pada setiap wanita. Faktanya, bentuk vagina wanita bermacam-macam. Seperti apa sih bentuk vagina normal pada wanita? Yuk, ketahui lebih lanjut macam macam bentuk vagina dan informasi!

Karakteristik Vagina Wanita

Vagina adalah alat kelamin wanita yang merupakan penghubung antara dunia luar dengan bagian dalam tubuh perempuan. Sebenarnya, vagina berbentuk saluran yang sangat elastis. Panjang saluran vagina orang Asia, termasuk Indonesia umumnya berkisar 8 cm.

Panjangnya saluran vagina bisa berbeda tergantung ras dan postur tubuh. Saluran yang ada di dalam vagina bisa lebih panjang dari ukuran aslinya. Saluran vagina bisa memanjang pada saat sedang bergairah terutama pada saat berhubungan intim.

Selain itu, saluran ini juga akan mengalami perkembangan yang cukup signifikan pada saat tubuh bersiap untuk melahirkan sebagai jalan lahir bagi bayi. Bentuk vagina yang sering diperbincangkan orang bukanlah pada bagian salurannya melainkan pada bagian vulva.

Vulva adalah ‘pintu gerbang’ dari vagina yang terdiri dari bibir luar vagina (labia majora), bibir dalam vagina (labia minora), dan klitoris. Bentuk vagina wanita sering kali dilihat berdasarkan penampakan pada bagian vulva vagina, terutama pada bagian bibir vagina.

Baca Juga: Kenali 6 Warna Cairan Vagina yang Sehat dan Berbahaya

Macam-Macam Bentuk Vagina Wanita

Bentuk vagina wanita memiliki banyak ragam secara kasat mata. Namun, telah dilaporkan ada lima macam bentuk vagina wanita yang umumnya dimiliki oleh kebanyakan wanita. Bentuk vagina normal wanita terdiri dari barbie, puffs, tulip, horseshoe (sepatu kuda), dan curtains (tirai).

Coba perhatikan, kira-kira bentuk vagina Anda termasuk yang mana?

1. Bentuk Vagina – Barbie

bentuk-miss-v-barbie-doktersehat
Gambar Bentuk Vagina Wanita – Barbie. Photo source: Kylah Benes-Trapp

Bentuk vagina wanita yang pertama memiliki tipe “Barbie”. Mengapa dinamakan tipe Barbie? Bentuk vagina barbie persis seperti yang nampak pada vagina dari boneka barbie. Pernah lihat? Masih ingat bentuknya seperti apa?

Ya, bentuk vagina barbie ini hanya terlihat satu lipatan. Bibir dalam vagina (labia minora) tidak terlihat karena tertutup rapat oleh bibir luar vagina (labia majora). Penampakkan bentuk vagina barbie memang terlihat cukup ‘imut’ dan indah.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa semua wanita atau kebanyakan wanita memiliki bentuk vagina barbie. Anda perlu tahu bahwa hanya beberapa wanita yang memiliki bentuk vagina tipe barbie ini.

2. Bentuk Vagina – Puffs

bentuk-miss-v-puffs-doktersehat
Gambar Bentuk Vagina Wanita – Puffs. Photo source: Kylah Benes-Trapp

Bentuk vagina tipe puffs ini hampir serupa dengan tipe barbie. Perbedaan kedua bentuk vagina ini terletak pada tonjolannya. Boleh dibilang bentuk vagina tipe puffs ini cukup seksi dan menggoda karena terlihat lebih menonjol.

Hal ini dikarenakan bibir vagina luar yang cukup tebal atau tulang kemaluan yang agak maju. Jika Anda memiliki bentuk vagina tipe puffs biasanya akan merasa canggung saat memakai pakaian terusan yang terlalu ketat.

3. Bentuk Vagina – Tulip

bentuk-miss-v-tulip-doktersehat
Gambar Bentuk Vagina Wanita – Tulip. Photo source: Kylah Benes-Trapp

Ada juga bentuk vagina wanita yang berbentuk seperti bunga tulip sehingga dinamakan bentuk vagina tulip. Bentuk vagina tulip tidaklah seperti tipe barbie dan puffs. Bibir vagina luar pada tipe tulip ini tidak menutupi bibir dalam sehingga labia minora pun terlihat. Jika Anda memiliki bentuk vagina tipe tulip maka labia minora Anda akan terlihat.

4. Bentuk Vagina – Horseshoe

bentuk-miss-v-horseshoe-doktersehat
Gambar Bentuk Vagina Wanita – Horseshoe. Photo source: Kylah Benes-Trapp

Sesuai namanya, bentuk vagina horseshoe menyerupai sepatu kuda. Vagina berbentuk sepatu kuda ini mirip dengan tipe tulip tetapi labia minora tidak sepenuhnya terlihat sebagaimana tipe tulip.

Bentuk vagina tipe horseshoe hanya memperlihatkan labia minora di bagian atas saja, sedangkan labia minora bagian bawah tertutup labia majora. Hal tersebut membuat penampakkan bibir vagina seperti sepatu kuda.

5. Bentuk Vagina – Curtains

bentuk-miss-v-tirai-doktersehat
Gambar Bentuk Vagina Wanita – Tirai. Photo source: Kylah Benes-Trapp

Beberapa wanita ada yang memiliki vagina berbentuk tirai. Seperti apa sih bentuknya? Bentuk vagina tirai memiliki penampakkan labia minora yang menggantung pada bagian labia majora.

Bibir vagina dalam yang tidak tertutup sepenuhnya oleh bibir vagina luar dan juga menggantung membuat vagina terlihat seperti memiliki lapisan seperti tirai. Apakah bentuk vagina wanita tipe tirai ini tidak normal? Bentuk vagina wanita tipe tirai ini cukup banyak kok. Jadi, Anda tak sendiri dan tidak perlu khawatir.

Baca Juga: Bibir Vagina Lebih Gelap? Lakukan Hal Ini Untuk Mencerahkannya

Seperti Apa Sih Bentuk Vagina Normal?

Apabila vagina Anda memiliki bentuk salah satu dari yang telah disebutkan maka sudah pasti bentuk vagina Anda normal. Bagaimana jika vagina Anda tidak memiliki bentuk seperti kelima bentuk vulva di atas?

Sebenarnya, tidak ada patokan akan bentuk vagina normal. Hal ini dikarenakan setiap bentuk vagina memiliki perbedaan pada panjang, tebal, warna, dan bentuk vagina yang beragam baik pada vulva maupun salurannya.

Memang, sering kali bentuk vagina yang ditampilkan adalah bentuk vagina wanita tipe barbie. Akan tetapi, janganlah salah sangka dan mengira bahwa tipe tersebut adalah bentuk vagina yang normal. Itu hanya merupakan perwakilan dari bentuk vagina yang ada.

Jadi, Anda tidak perlu merasa risau dan bingung jika bentuk vagina Anda tidak seperti kebanyakan wanita. Hal yang terpenting adalah bagaimana Anda merawat organ kewanitaan Anda itu dengan sebaik-baiknya. Okey ladies, mulai sekarang rawat dan jagalah vagina Anda sebaik mungkin!