Terbit: 16 Juli 2020 | Diperbarui: 21 Juli 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Setiap wanita memiliki ukuran dan bentuk payudara yang bervariasi. Payudara wanita berkembang berbeda-beda tergantung pada genetik, usia, berat badan, dan hormon. Artikel ini akan membahas tentang macam-macam bentuk payudara dan indikator payudara yang normal dan sehat.

13 Bentuk Payudara Wanita, Normal atau Tidak?

Macam-Macam Bentuk Payudara Wanita

Pada dasarnya, payudara memiliki karakteristik yang sama namun setiap wanita memiliki karakteristik payudara yang berbeda-beda. Berikut ini macam-macam bentuk payudara wanita:

1. Bulat Penuh

Payudara memiliki bentuk yang bulat penuh. Volume payudara terisi sama penuh di bagian atas dan bawah payudara. Wanita dengan payudara bulat penuh cocok menggunakan berbagai jenis bra.

2. Betuk Seperti Lonceng

Payudara berbentuk seperti lonceng di mana bagian atas payudara lebih sempit, sementara bagian bawa payudara bulat. Wanita dengan payudara seperti lonceng cenderung memiliki ukuran payudara yang lebih besar.

3. Teardrop

Payudara terlihat seperti teardrop atau tetesan air mata. Bagian atas payudara terlihat lebih ramping, sementara bagian bawah payudara memiliki ukuran bulat dan lebih besar dari bagian atas. Volume payudara hanya penuh di bagian bawah.

4. Kerucut

Payudara berbentuk seperti kerucut. Bagian atas payudara mengerucut ke bawah menuju puting. Umumnya, puting mengarah keluar. Jenis payudara ini umumnya dimiliki oleh wanita dengan payudara yang lebih kecil.

5. Bentuk Tergantung

Payudara menggantung ke arah bawah. Kondisi ini disebabkan payudara memiliki jaringan yang cenderung longgar dan tipis. Posisi puting juga mengarah ke bawah. Wanita dengan tipe payudara ini dapat menggunakan jenis push-up bra untuk membantu mengangkat payudara.

6. Bentuk Berjauhan

Payudara bagian kanan seperti menjauh dengan bagian kiri. Bentuk ini juga disebut dengan East-West. Puting payudara kanan mengarah ke luar tubuh, sementara puting bagian kiri juga mengarah keluar tubuh. Jadi, sepasang payudara tersebut menunjuk ke arah berlawanan dan jauh dari garis tengah tubuh.

7. Side-Set

Jenis payudara ini hampir serupa dengan bentuk East-West. Kedua payudara masing-masing terpisah. Ruang tengah di antara dua payudara lebih besar. Bentuk payudara seperti ini sangat normal. Bila Anda ingin mengumpulkan volume payudara ke tengah, Anda dapat menggunakan push-up bra.

8. Close-Set

Kebalikannya dari jenis side-set, payudara close-set berarti kedua payudara sama-sama mengarah ke tengah garis tubuh. Bentuk seperti ini akan membuat ruang atau jarak yang jauh antara payudara dan bahu.

9. Tidak Simetris

Ukuran payudara tidak simetris di mana satu sisi payudara mungkin lebih besar dari sisi satunya lagi. Wanita yang memiliki bentuk-bentuk payudara ini mungkin merasa khawatir dan tidak percaya diri, namun ini sangat umum dan normal.

Tingkat asimetri atau perbedaan antara payudara pada setiap orang bervariasi. Beberapa orang memiliki tingkat perbedaan ukuran payudara yang sangat signifikan, namun ini tidak dikaitkan dengan risiko kanker payudara.

Payudara dikatakan tidak normal bila memiliki benjolan, nyeri, atau perubahan yang tidak dapat dijelaskan. Anda disarankan untuk konsultasi ke dokter bila khawatir dengan ukuran payudara yang berbeda.

10. Archetype

Bentuk payudara yang paling standar dan umum dimiliki kebanyakan wanita. Bentuk archetype berarti payudara bulat, penuh, dengan titik puting yang kecil. Ukuran payudara ini juga standar, tidak terlalu besar atau kecil.

11. Atletis

Jenis payudara atletis adalah payudara yang memiliki otot lebih banyak dan lebih sedikit jaringan atau lemak. Wanita dengan kondisi ini memiliki payudara yang lebih berotot dan padat. Bisa dikatakan karakteristiknya seperti payudara pada atlet wanita.

12. Bentuk Ramping

Bentuk payudara ramping, sempit, dan panjang. Puting payudara cenderung menggantung dan mengarah ke bawah.

13. Payudara Kecil

Jenis payudara dengan kelenjar susu yang tipis. Bagian bawah payudara lebih penuh daripada payudara atas. Payudara juga lebih panjang dan puting mengarah ke bawah.

Itulah macam-macam bentuk payudara. Pada dasarnya, semua payudara memiliki bentuk yang indah apabila kondisinya sehat.

Baca Juga: 10 Cara Menjaga Kesehatan Payudara Agar Terhindar Kanker

Faktor yang Memengaruhi Bentuk Payudara

Ada beberapa faktor yang memengaruhi bentuk dan ukuran payudara, seperti:

  • Genetika: Anda dapat memiliki payudara besar bila keturunan keluarga Anda juga memiliki payudara besar.
  • Usia: Payudara remaja cenderung kecil karena masih berkembang. Payudara pada orang tua juga akan menyusut karena kehilangan jaringan seiring usia.
  • Kehamilan dan Menyusui: Hormon pada wanita hamil atau wanita yang sedang menyusui mungkin membuat ukuran payudara membesar.
  • Lemak: Wanita dengan lemak jaringan di payudara memiliki ukuran payudara lebih besar bila berat badannya bertambah, begitu juga sebaliknya.
  • Latihan: Wanita yang olahraga rutin akan memiliki karakteristik payudara lebih kencang dan lebih berotot.

Itulah beberapa faktor yang memengaruhi bentuk dan ukuran payudara. Faktor penggunaan alat kontrasepsi, pola makan, konsumsi kafein harian Anda, hingga siklus menstruasi.

Perubahan Bentuk Payudara yang Harus Diwaspadai

Anda mungkin mengidamkan bentuk atau ukuran payudara lain, namun yang terpenting adalah untuk memastikan payudara Anda sehat. Anda harus mewaspadai beberapa ciri perubahan payudara yang dapat menjadi tanda-tanda kanker payudara, sebagai berikut:

  • Benjolan pada payudara yang sebelumnya tidak ada.
  • Rasa nyeri payudara yang tidak biasa.
  • Ada memar atau ruam pada payudara yang tidak dapat dijelaskan.
  • Perubahan mendadak pada puting susu termasuk bentuk dan teksturnya.

Beberapa tanda awal kanker payudara dapat dikenali dengan pemeriksaan rutin payudara. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan teknik SADARI. Terlepas dari bentuk atau ukurannya, memiliki payudara sehat adalah hal yang harus diprioritaskan.

Cara Menjaga Kesehatan Payudara

Berikut ini beberapa tips dan cara menjaga kesehatan payudara:

  • Melakukan olahraga rutin setidaknya 30 menit setiap harinya.
  • Mengonsumsi makanan sehat untuk payudara seperti lobak, kubis, ikan salmon, tuna, kacang-kacangan, dan makanan berprotein lainnya.
  • Mengonsumsi vitamin D tambahan bila perlu.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Mengelola stres, tingkat stres tinggi meningkatkan risiko penyakit.
  • Menghindari rokok dan membatasi konsumsi alkohol.
  • Memeriksa payudara sendiri secara rutin.

Itulah pembahasan lengkap tentang bentuk-bentuk payudara, perubahan payudara yang harus diwaspadai, serta cara menjaga agar payudara tetap sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. Eske, Jamie. 2020. What to know about breast shapes. https://www.medicalnewstoday.com/articles/breast-shapes. (Diakses pada 16 Juli 2020).
  2. Johnson, Maisha. 2019. What Are the Most Common Breast Shapes?. https://www.healthline.com/health/breast-shapes. (Diakses pada 16 Juli 2020).
  3. Kim, Yerin. 2020. The 9 Different Types of Boobs in the World. https://www.seventeen.com/health/sex-health/g23725507/different-boob-types-shapes/?slide=1. (Diakses pada 16 Juli 2020).
  4. Klepchukova, Anna, MD. 2020. Breast Shapes and Sizes: All You Need to Know. https://flo.health/menstrual-cycle/teens/your-body/breast-shapes-and-sizes. (Diakses pada 16 Juli 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi