Terbit: 5 September 2019
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Orang-orang di seluruh dunia menggunakan bentonite clay dalam bidang kesehatan dan kecantikan sejak ratusan tahun lalu. Kultur di Amerika bahkan menyebut jenis clay ini sebagai tanah liat yang menyembuhkan, namun Anda pasti belum familiar dengan apa itu bentonite clay. Ketahui manfaat, kandungan, cara menggunakannya, dll.

bentonite-clay-doktersehat

Apa Itu Bentonite Clay?

Bentonite clay adalah tanah liat alami yang berasal dari abu yang diambil dari gunung berapi. Asal mula bentonite yaitu dari gunung berapi di daerah Fort Benton, Montana, namun sekarang sudah banyak diproduksi di Amerika dan Perancis.

Awalnya, jenis tanah liat ini memiliki tekstur yang kering karena terpapar sinar matahari langsung, lalu disaring, diolah, kemudian dikemas untuk tujuan komersil. Jenis tanah liat ini dapat diseduh menjadi bentuk pasta dan dijadikan berbagai macam produk kecantikan atau dikonsumsi dalam porsi kecil.

Jenis tanah liat ini juga dipercaya dapat menyembuhkan kondisi kulit tertentu, mengeluarkan racun dari kulit, menghaluskan kulit dan lainnya. Artikel ini akan membahas manfaat bentonite clay bagi kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Bentonite Clay

Sebelum membahas tentang manfaatnya, Anda harus mengetahui kandungan bentonite. Jenis tanah liat ini kaya akan kandungan kalsium, magnesium, silikon dioksida, sodium, kalsium, dan zat besi.

Jenis clay ini juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Disarankan untuk menggunakan media berbahan dasar kayu daripada logam saat Anda mengolahnya dikarenakan tanah liat berpotensi menyerap sifat-sifat logam.

Manfaat Bentonite Clay bagi Kesehatan

Clay ini berkhasiat untuk detoksifikasi tubuh dan manfaat kesehatan lainnya. Berikut ini manfaatnya:

1. Mengeluarkan Racun Tubuh

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa clay ini dapat digunakan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Percobaan pada anak ayam pernah dilakukan. Anak ayam tersebut diberikan efek racun yang disebut aflatoksin B1. Setelah diberikan tanah liat bentonite pekat, anak ayam tersebut mengalami efek toksik yang lebih sedikit.

Sekarang sudah banyak produk kemasan bentonite yang bisa Anda makan sebagai salah satu sumber pengurai racun di tubuh. Walaupun demikian, para ilmuwan pun meneliti lebih lanjut apakah clay ini efektif dan aman untuk dikonsumsi.

2. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat bentonite clay bagi kesehatan adalah untuk melancarkan pencernaan. Produk ini dipercaya dapat membantu proses menetralkan bakteri berbahaya di usus. Penelitian juga membuktikan bahwa bentonite sangat efektif dalam menyerap rotavirus dan coronavirus. Senyawa antasida di lempung bentonite adalah senyawa yang sama dalam bahan umum obat anti mual.

3. Menurunkan Berat Badan

Produk tanah liat ini juga dipercaya dapat menurunkan berat badan. Para ilmuwan menggunakan tikus percobaan untuk penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi clay ini dapat mengurangi berat badan secara efektif. Bahkan, cara ini sudah dipakai masyarakat tradisional selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat

4. Memperkuat Sistem Imun

Sebuah penelitian membuktikan bahwa bentonite dapat mengurangi resiko dari infeksi bakteri Salmonella dan E.coli karena dapat membangun sistem imun yang kuat di tubuh. Arizona State University juga mengungkapkan bahwa kandungan clay ini dapat membunuh bakteri.

5. Sumber Nutrisi

Clay ini mengandung sumber mineral yang kaya, di antaranya adalah sumber kalsium, natrium, tembaga, besi, silika, dan kalium. Sebuah studi tahun 2009 di Tanzania menemukan bahwa konsumsi 50 gram jenis clay ini per hari mampu memenuhi 90% nutrisi harian. Di daerah Arizona ini bahkan wanita hamil sering mengonsumsi tanah liat bentonite.

6. Mengatasi Diare

Penelitian membuktikan bahwa jenis clay ini dapat mengatasi masalah diare karena kandungan mineral di dalamnya. Selain harus terus minum banyak cairan, Anda juga bisa mengkonsumsinya dalam porsi kecil untuk menghentikan diare. Walaupun demikian, belum ada penelitian tentang seberapa banyak porsi dan bagaimana cara aman konsumsi jenis clay ini.

7. Tabir Surya Alami

Salah satu penelitian membuktikan bahwa jenis olahan clay ini dapat melindungi kulit Anda dari bahaya radikal bebas dan sinar ultraviolet. Penelitian ini masih dikembangkan dan belum disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA). Itulah berbagai manfaat tanah liat bentonite bagi kesehatan. Beberapa poin di antaranya masih diteliti oleh para ilmuwan.

Manfaat Bentonite Clay bagi Kecantikan

Jenis clay ini juga berkhasiat untuk detoksifikasi tubuh dan manfaat kesehatan kulit lainnya. Ketahui manfaat bentonite bagi kesehatan berikut ini:

1. Merawat Semua Jenis Kulit

Bentonite clay sangat cocok untuk merawat semua jenis kulit. Kandungannya aman untuk semua tipe kulit seperti kulit berminyak, kering, bahkan untuk kulit wajah berjerawat. Anda dapat menggunakan masker tanah liat bentonite sebagai perawatan kulit wajah Anda.

Baca Juga: 7 Manfaat Masker Lidah Buaya dan Cara Membuatnya (Dijamin Mudah!)

2. Menyamarkan Noda Hitam dan Bekas Luka

Cara alami untuk menyamarkan bekas luka adalah dengan mengaplikasikan masker clay ini di wajah. Kandungan alami tanah liat dapat membantu menghilangkan noda hitam, bekas jerawat, dah bahkan mengurangi efek peradangan kulit.

3. Eksfoliasi Kulit Wajah

Anda mungkin menghabiskan banyak sekali produk eksfoliasi kulit wajah dan hasilnya tetap saja tidak maksimal. Gunakan masker clay ini sebagai bahan alami untuk membersihkan sel-sel kulit mati.

4. Membuat Wajah Glowing

Wajah bersinar pasti menjadi mimpi bagi hampir setiap wanita. Masker tanah liat bentonite dapat membantu Anda dalam memelihara kesehatan kulit dan membuat kulit wajah bersih, halus, kenyal, dan bersinar seperti perawatan kecantikan mahal.

5. Membersihkan Sebum

Sebum adalah kadar minyak berlebih di kulit karena sel-sel kulit mati dan bakteri. Anda bisa menggunakan masker tanah liat bentonite untuk mengurangi produksi sebum dan mencegah jerawat timbul.

6. Meregenerasi Kulit

Manfaat bentonite clay bagi kecantikan yang terakhir adalah untuk meregenerasi kulit. Kandungan clay ini dapat meremajakan kulit, membangun kembali jaringan kulit mati, dan mengurangi garis-garis halus. Banyak sekali manfaat bentonite untuk kecantikan. Cara menggunakan masker tanah liat ini juga sangat mudah.

Baca Juga: 10 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Cara Menggunakan Bentonite Clay

Terdapat berbagai macam manfaat bentonite clay bagi kesehatan dan kecantikan. Tanah liat bentonite bisa didapatkan dengan mudah di pasaran, umumnya sudah tersedia kemasan untuk masker dan pasta. Berikut ini cara menggunakan bentonite clay untuk mendapatkan manfaatnya bagi kecantikan:

Bahan-bahan:

  • 4 sdm tanah liat bentonite.
  • Air/rosewater.
  • Wadah berbahan dasar kayu.
  • Kuas.

Cara menggunakan bentonite clay:

  • Masukkan 4 sdm clay.
  • Campur dengan air/rosewater secukupnya.
  • Aduk rata sampai menjadi pasta.
  • Oleskan merata dengan kuas ke wajah.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah itu, cuci muka sampai bersih.

Itulah cara menggunakan masker bentonite untuk kecantikan. Anda dianjurkan melakukan perawatan dengan masker clay ini satu minggu sekali untuk hasil yang memuaskan.

Pada dasarnya semua manfaat bentonite clay yang telah dijelaskan di atas memang masih diperlukan penelitian ilmiah lebih lanjut dalam dunia medis, oleh karena itu kami menyarankan untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis gizi terlebih dahulu apabila Anda ingin mengonsumsi tanah liat bentonite dan dokter spesialis kulit apabila ingin menerapkannya sebagai bahan perawatan kulit.

 

  1. Berry, Jenifer. 2019. Bentonite clay: 11 benefits and uses. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325241.php. (Diakses pada 5 September 2019).
  2. Nourished Life. 2019. Top 5 Uses of Bentonite Clay. https://www.nourishedlife.com.au/article/942332/top-uses-of-bentonite-clay.html. (Diakses pada 5 September 2019).
  3. Patterson, Susan. 2015. 11 Reasons You Should Put Bentonite Clay On Your Face + More Uses. https://www.naturallivingideas.com/bentonite-clay-on-your-face/. (Diakses pada 5 September 2019).
  4. Pemberton, Corey. 2019. The Best Bentonite Clay Benefits and Uses. https://blog.paleohacks.com/bentonite-clay/#. (Diakses pada 5 September 2019).
  5. Waston, Khatryn. 2018. What Is Calcium Bentonite Clay?. https://www.healthline.com/health/calcium-bentonite-clay#1. (Diakses pada 5 September 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi