Terbit: 23 Juni 2018 | Diperbarui: 24 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Payudara merupakan bagian organ tubuh yang paling sensitif bagi wanita sehingga harus selalu dijaga kesehatannya. Pasalnya, ada satu jenis penyakit berbahaya yang bisa menyerang payudara, yakni kanker payudara. Kanker payudara bisa menyerang waniita yang memiliki pola hidup tidak sehat. Biasanya, kanker ini menimbulkan gejala seperti benjolan di sekitar payudara.

Atasi Benjolan di Sekitar Payudara dengan Cara Ini

Oleh karenanya, ketika benjolan muncul di sekitar payudara, tidak sedikit wanita yang merasa takut jika benjolan tersebut merupakan sebuah gejala dari kanker payudara. Namun, Anda jangan merasa takut terlebih dahulu. Bisa saja benjolan tersebut merupakan fibroadenoma atau benjolan jinak yang biasa ditemukan pada wanita muda usia subur.

Benjolan tersebut akan menyusut dan menghilang tanpa perawatan khusus setelah menopause. Namun, Anda bisa mengobatinya dengan cara alami, yakni menerapkan pola hidup sehat.

1. Hindari Gula

Makanan manis yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat sehingga bisa memicu berbagai penyakit, seperti diabetes dan obesitas. Saat Anda mengurangi konsumsi gula, tidak hanya penyakit obesitas dan diabetes saja yang bisa diatasi, melainkan masalah benjolan yang timbul di sekitar payudara juga bisa teratasi. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan manis sewajarnya saja dan hindari makanan yang mengandung gula berlebih.

2. Hindari Makanan yang Digoreng

Gorengan merupakan makanan yang sangat lezat dan banyak digemari. Akan tetapi, gorengan tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan penyakit kolesterol, serangan jantung, dan sebagainya. Selain itu, mengonsumsi makanan yang digoreng terlalu banyak juga bisa menyebabkan masalah timbulnya benjolah di sekitar payudara. Oleh karenanya, hindari makanan yang digoreng ataupun makanan yang berlemak.

3. Kontrol Diet

Masalah timbulnya benjolan di sekitar payudara juga bisa Anda atasi dengan cara kontrol diet, yakni mengurangi asupan daging dan kedelai. Walaupun kedua makanan tersebut megandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh, namun bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya sebanyak yang Anda mau. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi daging dan kedelai bisa meningkatkan produksi hormon untuk menghasilan fibroadenoma. Sebaiknya, perbanyak konsumsi makanan sehat berupa sayuran, buah-buahan segar, dan kacang polong.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi