Benjolan Mata Kaki Tanda Asam Urat?

benjolan-mata-kaki-tanda-asam-urat-doktersehat

DokterSehat.Com– Banyak orang yang khawatir dengan kemunculan benjolan pada mata kaki. Biasanya, kondisi kesehatan ini dikaitkan dengan masalah asam urat. Sebenarnya, apakah memang masalah asam urat menyebabkan munculnya gejala ini?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa benjolan pada mata kaki ini tidak selalu terkait dengan masalah asam urat. Penyebabnya pun cukup beragam, yakni bisa berupa infeksi, trauma akibat benturan, terkilirnya otot, atau masalah lainnya. Meskipun begitu, memang ada kemungkinan hal ini disebabkan oleh asam urat tinggi.

Pembengkakan yang disebabkan oleh masalah asam urat biasanya terjadi secara mendadak, bukannya berlangsung terus- menerus sebagaimana kebanyakan benjolan yang muncul di mata kaki, menyerang satu bagian tubuh saja, dan menyerang persendian yang berukuran kecil seperti pada ibu jari kaki. Saat asam urat ini menyerang, maka kita tidak hanya akan mengalami pembengkakan pada persendian, melainkan juga terjadi sensasi nyeri, hangat dan kemerahan pada persendian, dan sensasi kaku.

Untuk mengetahui secara pasti apa penyebab dari benjolan pada mata kaki ini, ada baiknya kita memeriksakan kondisi ini ke dokter. Untuk sementara, kita juga bisa memberikan pengompresan pada bagian mata kaki dengan memakai air hangat. Selain itu, kita juga tidak memaksakan diri untuk bergerak terlalu banyak karena dikhawatirkan bisa menyebabkan benjolan atau pembengkakan ini menjadi semakin parah.

Ada banyak sekali penyebab dari masalah asam urat. Hanya saja, seringkali hal ini terkait dengan pola makan yang tidak sehat. Sebagai contoh, jika kita suka mengonsumsi daging merah, makanan laut, atau jeroan yang kaya akan kandungan purin, maka kandungan ini akan dimetabolisme tubuh menjadi asam urat yang terus menumpuk dengan berlebihan. Kebiasaan mengonsumsi minuman kaya gula dan alkohol juga bisa menjadi penyebabnya.

Kondisi lain yang bisa menyebabkan datangnya masalah asam urat adalah kegemukan. Dengan kondisi ini, maka tubuh akan memproduksi asam urat dengan lebih banyak. Berat badan yang berlebihan juga bisa membuat ginjal kesulitan untuk menghilangkan asam urat di dalam tubuh.

Yang tidak banyak orang ketahui adalah, asam urat ternyata juga terkait dengan beberapa masalah kesehatan yang cukup serius seperti tekanan darah tinggi, diabetes, sindrom metabolik, gangguan ginjal, hingga penyakit jantung. Hal ini berarti, asam urat memang tidak bisa disepelekan begitu saja dan harus segera ditangani dengan baik.