Ada Benjolan di Ketiak, Apakah Tanda Kanker?

tanda-kesehatan-dari-ketiak-doktersehat

DokterSehat.Com– Banyak orang yang langsung panik tatkala menemukan adanya benjolan pada ketiak. Hal ini disebabkan oleh adanya anggapan bahwa kemunculan benjolan ini bisa jadi terkait dengan masalah kesehatan yang serius. Sebenarnya, apakah benjolan ini memang harus kita waspadai?

Beberapa penyebab benjolan di ketiak

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali penyebab dari munculnya benjolan di ketiak. Bahkan, hal ini bisa jadi terkait dengan kondisi-kondisi yang sebenarnya tidak perlu kita khawatirkan.

Berikut adalah beberapa penyebab benjolan di ketiak:

  1. Penggunaan deodoran

Siapa sangka jika penggunaan deodoran yang sebenarnya ditujukan untuk mencegah bau badan ini juga bisa menyebabkan kemunculan benjolan di ketiak? Pakar kesehatan menyebut hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan deodoran menyebabkan alergi pada kulit. Jika kita mengalaminya, maka ada kemungkinan ketiak akan membengkak. Selain itu, kandungan anti perspirant di dalam deodoran juga bisa membuat pori-pori kulit ketiak tersumbat dan akhirnya menyebabkan pembengkakan.

  1. Ketidaknormalan rambut ketiak

Terkadang, rambut ketiak tumbuh dengan tidak normal. Bukannya tumbuh ke luar, namun rambut ini justru tumbuh ke dalam dan akhirnya menyebabkan munculnya benjolan pada ketiak. Pakar kesehatan menyebut rambut ketiak yang tumbuh ke dalam ini disebabkan oleh proses bercukur yang justru memicu infeksi bakteri yang memicu pembengkakan.

  1. Infeksi di ketiak

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, ketiak rentan mengalami infeksi, khususnya setelah bercukur. Hanya saja, kasus infeksi setelah bercukur yang berimbas pada munculnya benjolan pada ketiak seringkali terjadi pada mereka yang masih berusia remaja.

  1. Gangguan hormon

Bagi kaum pria, gangguan hormon juga bisa menjadi penyebab datangnya benjolan pada ketiak. Biasanya, hormon yang mengalami gangguan adalah hormon tiroid. Produksi dari hormon ini terkadang berlebihan dan bisa menyebabkan pembengkakan pada ketiak.

  1. Gangguan kelenjar getah bening

Pakar kesehatan menyebut kelenjar getah bening sebagai salah satu bagian paling penting bagi tubuh karena bisa membantu melawan infeksi virus, bakteri, dan jamur. Hanya saja, jika sampai kelenjar ini sedang mengalami gangguan, maka posisi kelenjar yang ada di ketiak atau selangkangan kaki akan membengkak untuk beberapa waktu dan terasa seperti benjolan.

  1. Terkena virus

Terkadang, benjolan yang muncul di ketiak juga terkait dengan virus. Beberapa virus yang bisa menyebabkan hal ini adalah herpes, HIV, atau bahkan virus penyebab cacar yang tentu harus kita waspadai.

Apakah benjolan di ketiak tanda kanker?

Pakar kesehatan menyebut benjolan di ketiak juga terkait dengan kanker, khususnya kanker limfoma atau kanker kelenjar getah bening. Gejala dari penyakit ini adalah munculnya benjolan pada leher, selangkangan, dan ketiak dengan rasa yang nyeri. Benjolan ini juga biasanya tumbuh dengan cepat dan tidak beraturan.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Globocan 2018, disebutkan bahwa 35.490 warga Indonesia didiagnosis terkena kanker limfoma dalam 5 tahun terakhir dengan lebih dari 7.500 diantaranya telah meninggal. Seringkali, kasus meninggalnya para pasien ini disebabkan oleh terlambatnya deteksi dari penyakit ini sehingga baru diketahui saat sudah dalam kondisi yang sangat parah.

Pakar kesehatan juga menyebut benjolan di ketiak bisa jadi terkait dengan kanker payudara yang sangat mematikan bagi kaum hawa. Meskipun begitu, kaum pria juga bisa saja terkena penyakit ini.

Berdasarkan alasan tersebut, pakar kesehatan menyarankan kaum hawa untuk selalu melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan, khususnya satu atau tiga hari setelah siklus menstruasi berakhir. Jika memang saat pemeriksaan ditemukan benjolan pada payudara atau ketiak yang mencurigakan, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.