Terbit: 27 April 2018 | Diperbarui: 28 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang paling mematikan dan ditakuti oleh banyak orang adalah kanker. Bagaimana tidak, proses pengobatannya sangat panjang dan sulit untuk dilakukan. Selain itu, risiko untuk terkena kematian karena penyakit ini juga sangat tinggi.

Benda-Benda Ini Kerap Dituding Sebagai Penyebab Kanker, Benarkah?

Dilansir dari Metro.co.uk, ada banyak sekali mitos yang menyertai kanker, khususnya dalam hal apa saja yang bisa memicu datangnya penyakit ini. Banyak orang yang bahkan percaya bahwa beberapa jenis benda yang dipakai sehari-hari ini bisa memicu datangnya kanker.

Para peneliti dari University College London dan University of Leeds pun melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui mitos benda penyebab kanker yang berkembang pesat dalam 10 tahun terakhir. Mereka pun menggunakan internet untuk mencari tahu pertanyaan apa saja yang kerap diakses masyarakat demi mengetahui apa saja penyebab dari penyakit ini.

Hasilnya adalah, berbagai hal seperti gelombang elektromagnetik, bahan tambahan pangan, tinggal dekat dengan SUTET, stres, pemanis buatan, produk pembersih, ponsel, makanan yang dimodifikasi secara genetik, aerosol atau semprotan, trauma fisik, oven dan microwave, serta botol plastik dianggap sebagai pemicu kanker. Padahal, berbagai hal tersebut belum tentu memicu datangnya penyakit ini.

Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang ternyata juga masih menyepelekan bahaya dari faktor penyebab kanker seperti kondisi obesitas, kerap mengonsumsi daging olahan, dan minum alkohol.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Pakar kesehatan Dr. Lion Shahab menyebutkan bahwa gaya hidup adalah faktor utama dari pemicu datangnya kanker. Beberapa hal seperti memiliki keluarga dengan riwayat kanker, mengalami luka bakar karena matahari, menjadi perokok pasif, malas berolahraga, mengonsumsi daging merah atau daging olahan, malas makan buah, merokok, minum alkohol, terpapar virus HPV, dan mengalami masalah kelebihan berat badan adalah pemicu utama dari masalah kesehatan ini.

Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat agar tidak mudah terkena kanker.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi