Benarkah Uban Bisa Membuat Kepala Gatal?

Doktersehat-uban-gatal
Photo Credit: Flickr.com/twentysixcats

DokterSehat.Com – Salah satu penanda seseorang sudah mulai menua adalah munculnya rambut putih atau yang umumnya dikenal sebagai uban. Meskipun munculnya uban ini sangatlah wajar terjadi, dalam realitanya cukup banyak orang yang tidak percaya diri dengan keberadaannya.

Apalagi jika uban sudah mulai muncul pada rambut saat usia muda. Tak hanya mengganggu penampilan, uban disebut-sebut juga bisa menyebabkan kepala mudah terasa gatal. Apakah hal ini benar adanya?

Menurut dr. Pandu Pradana, Sp.KK, uban ternyata tidak akan memicu rasa gatal, apalagi kepala pusing. Hal ini ternyata hanyalah mitos belaka. Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin yang berasal dari Bamed Skin Care Jakarta ini, pertumbuhan uban ternyata sama saja dengan rambut biasa.

Hal ini berarti, uban tidak akan memengaruhi kondisi kulit kepala atau bahkan memicu sakit kepala. Cara membedakan pertumbuhan uban dengan rambut biasa adalah kondisi pigmentasi pada rambut di mana uban cenderung memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan dengan rambut biasa.

baca juga: Pastikan Kepala Botak tetap Sehat dan Keren dengan Perawatan Berikut Ini!

Karena dianggap sebagai pemicu gatal-gatal, banyak orang yang memilih untuk mencabuti uban ini. Padahal, menurutnya, hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena beresiko menyebabkan folikel rambut mengalami kerusakan permanen.

Sebagai informasi, folikel rambut adalah tempat bagi rambut akan tumbuh pada permukaan kulit kepala. Jika folikel rambut ini rusak, maka tidak akan ada lagi rambut yang tumbuh dan hal ini bisa memicu penipisan rambut. Tak hanya itu, kerap mencabuti rambut justru bisa membuat kepala kita pusing.

Selain itu, dokter Pandu mengungkapkan, ada cukup banyak penyebab mengapa seseorang beruban, apalagi jika uban ini muncul pada usia yang masih muda. Meski, faktor utama dari penyebab uban ini adalah bertambahnya usia seseorang, namun, faktor genetik atau penurunan pigmentasi pada rambut juga bisa memicu hal ini.

Penyebab Lain Kepala Gatal

Setelah Anda mengetahui bahwa uban bikin gatal adalah mitos belaka, Anda harus mengetahui beberapa hal lain yang bisa menyebabkan kepala gatal, di antaranya:

  • Kurap

Kurap pada kulit kepala biasanya menyebabkan ruam dengan pinggiran yang terasa menonjol saat diraba dan kemerahan. Kurap merupakan infeksi jamur dari lapisan luar kulit kepala dan rambut.

Gejala yang muncul dapat bervariasi, seperti kulit kepala gatal, bagian kepala yang terkena kurap menjadi botak, dan kulit kepala bersisik. Kurap dapat menular dan paling sering terjadi pada anak usia sekolah.

  • Psoriasis

Masalah kulit kepala ini disebabkan oleh sel kulit yang tumbuh terlalu cepat, sehingga membentuk bercak tebal dan kemerahan. Kulit kepala yang memerah ini kemudian ditutupi oleh serpihan dan sisik berwarna keperakan.

Psoriasis tergolong kronis dan paling sering ditemukan di kulit kepala, lutut, siku, dan leher bagian belakang. Bercak psoriasis juga dapat menyebar hingga keluar garis rambut, dan menimbulkan rasa sakit atau kulit kepala gatal serta timbul pada bagian tubuh lain.

baca juga: Rambut Anak Rontok dan Kepala Gatal Terus-Menerus, Ada Apa?

  • Ketombe

Jika banyak orang menanyakan kenapa uban gatal? Tentu Anda bisa memberikan jawaban hal itu adalah mitos. Kulit kepala gatal yang paling sering dialami oleh banyak orang umumnya disebabkan oleh ketombe.

Ketombe biasanya disebabkan oleh jamur yang tumbuh secara berlebih sehingga menimbulkan minyak yang pada akhirnya menyebabkan matinya sel-sel di kulit kepala.

Hal inilah yang menimbulkan serpihan atau kulit kepala mengelupas dan gatal di kulit kepala. Selain itu, ketombe juga bisa muncul disebabkan oleh kulit kepala yang sensitif terhadap produk tertentu atau jarang mencuci rambut .