Terbit: 28 April 2021 | Diperbarui: 29 April 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Thyme adalah tanaman herbal yang sering kali digunakan untuk membumbui daging, makanan laut, dan sayuran. Meskipun sebagai bumbu makanan, daun beraroma khas ini juga sebagai ramuan yang bermanfaat bagi kesehatan. Untuk apa saja? Selengkapnya ketahui tentang kandungan nutrisi, manfaat, hingga efek sampingnya.

15 Manfaat Daun Thyme untuk Kesehatan, Kandungan Nutrisi, dan Efek Samping

Kandungan Nutrisi Daun Thyme

Zat utama dari ekstrak daun thyme (daun timi) dan minyak esensialnya adalah timol, yang memberikan sifat antiseptik. Oleh karenanya, ini sering kali digunakan dalam obat kumur dan pasta gigi. Timol juga berkhasiat membunuh jamur dan biasanya ditambahkan ke dalam hand sanitizer dan krim antijamur.

Selain itu, daun ini mengandung penangkal bakteri (carvacrol) dan juga memiliki berbagai flavonoid, termasuk apigenin, naringenin, luteolin, dan thymonin. Manfaat flavonoid dapat meningkatkan kapasitas antioksidan herbal dan meningkatkan kesehatan.

Satu sendok makan daun thyme segar mengandung nutrisi berikut:

  • 3 kalori.
  • 1 gram karbohidrat.
  • 40 miligram protein.
  • 112 miligram serat.
  • 10 miligram lemak.
  • 3,6 miligram vitamin C (6 persen angka kecukupan gizi/AKG).
  • 105 IU (international unit) vitamin A (3 persen AKG).
  • 0,3 miligram zat besi (3 persen AKG).
  • 0,3 miligram mangan (3 persen AKG).

Daftar Manfaat Thyme untuk Kesehatan

Sebagai pengobatan alternatif, daun ini bisa diminum dalam bentuk teh, mengoleskannya ke kulit, berkumur, atau menghirupnya. Kandungan senyawa timol dapat mengontrol atau menetralkan infeksi bakteri, virus, jamur, dan parasit tertentu. Ini juga sebagai pengobatan alami untuk berbagai kondisi kesehatan.

Berikut ini manfaat daun thyme untuk kesehatan:

1. Antijamur dan Antibakteri

Bahan paling aktif yang terdapat dalam daun ini adalah timol. Senyawa organik yang memiliki berbagai efek baik pada tubuh, termasuk kemampuannya dalam mencegah infeksi jamur dan virus. Dengan begitu, efek ini dapat mengurangi ketegangan pada sistem kekebalan tubuh.

2. Mengobati Peradangan

Minyak esensial tanaman herbal ini dapat menekan COX-2, merupakan enzim inflamasi atau peradangan yang menyebabkan beberapa penyakit inflamasi. Bahan kimia utama dalam minyak (carvacrol), berperan dalam peradangan. Carvacrol dapat menekan peradangan yang mirip dengan resveratrol -senyawa kuat lain dalam anggur merah yang terkait dengan beberapa manfaat untuk kesehatan.

Penelitian lainnya menyatakan tentang carvacrol dan senyawa lain (timol) dalam minyak esensial dapat melawan peradangan. Minyak ini juga dapat meredakan gejala artritis dan asam urat yang menyakitkan.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat vitamin C dan vitamin A dalam daun thyme adalah membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Daun ini juga membantu pembentukan sel darah putih, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, efek antiperadangannya juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Mengingat aroma dan rasanya yang khas dan lembut, ini dapat digunakan sebagai uap herbal untuk membantu mengatasi flu dan hidung tersumbat.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sebagai perawatan herbal, daun ini memberikan manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit. Sebuah penelitian di Ethiopia menunjukkan bahwa kombinasi krim antijamur minyak esensial thyme 3% dan krim ekstrak chamomile 10%, dapat membantu membersihkan lesi seperti eksim pada kulit. Namun, hal ini masih memerlukan lebih banyak penelitian ilmiah.

5. Mengatasi Masalah Jerawat

Berkat kandungan antibakteri, teh thyme sangat ampuh dalam mengatasi masalah jerawat. Tidak hanya membasmi bakteri penyebab jerawat, teh ini rupanya juga dapat meredakan jerawat meradang dalam waktu singkat. Tidak heran jika kulit akan tampak lebih bersih dan bebas dari jerawat jika menggunakannya secara rutin.

Untuk mengobati jerawat, gunakanlah daun ini bersama dengan witch hazel. Seduh keduanya bahan ini dalam air panas selama sekitar 20 menit. Kemudian, celupkan bola kapas ke dalam teh ini dan dioleskan ke area kulit yang terkena. Setelah membiarkannya selama 20 menit, bersihkan kulit wajah dengan air hangat.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berdasarkan banyak penelitian, ekstrak thyme dapat mengurangi detak jantung secara signifikan pada tikus dengan tekanan darah tinggi. Hal ini juga bisa memberikan manfaat serupa pada manusia. Ini juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol, yang dapat mencegah penyakit jantung koroner.

Sedangkan penelitian lainnya menyatakan bahwa daun ini dapat membantu mengobati aterosklerosis, bentuk utama dari penyakit kardiovaskular.

7. Melawan Kanker

Tanaman herbal ini dapat membantu mencegah kanker, terutama pada usus besar. Ini berkat beberapa kandungan di dalamnya, termasuk asam oleanolic, asam ursolic, lutein, dan beta-sitosterol.

Daun ini juga memiliki efek baik pada kanker payudara. Ramuan herbal tersebut terbukti memiliki efek positif pada pengobatan kanker payudara yang berpotensi meningkatkan kematian sel kanker.

Kandungan utama lainnya yang membantu mencegah kanker adalah carvacrol. Satu penelitian menemukan bahwa carvacrol dapat menghambat proliferasi dan migrasi garis sel kanker. Senyawa ini menunjukkan efek terapeutik terhadap pengobatan dan kemungkinan mencegah kanker, terutama kanker usus besar.

8. Membantu Mengobati Dyspraxia

Dyspraxia adalah gangguan neurologis yang memengaruhi gerakan dan koordinasi akibat kelainan pada perkembangan sistem saraf. Sebagai pengobatan, tanaman herbal ini telah terbukti memperbaiki gejala penyakit ini, terutama pada anak-anak.

Minyak daun ini juga merupakan salah satu minyak yang digunakan dalam penelitian untuk menemukan efek minyak esensial dalam pengobatan penyakit neurologis seperti dyspraxia. Hasil dari penelitian itu menjanjikan. Namun, ini masih membutuhkan lebih banyak penelitian.

Baca Juga: 13 Manfaat Daun Mint, Meredakan Asma Hingga Depresi

9. Meredakan Sakit Kepala

Senyawa carvacrol dalam daun ini dapat menghambat COX2, seperti obat antiinflamasi. Cara mengobati sakit kepala dengan minyak esensial, oleskan beberapa tetes ke pelipis dan dahi. Gosokkan dengan lembut ke kulit dan diamkan beberapa saat sampai sakit kepala mereda.

10. Meningkatkan Kesehatan Penglihatan

Daun thyme kaya akan vitamin A, salah satu nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Namun, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja. Daun ini juga dapat membantu mencegah masalah lain yang terkait dengan penglihatan, termasuk degenerasi makula.

11. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak thyme dapat membantu meredakan infeksi pada rongga mulut. Minyak ini memberikan khasiat yang besar terhadap bakteri yang telah menjadi kebal terhadap antibiotik.

Tanaman herbal ini bisa menjadi obat kumur untuk menjaga kesehatan mulut. Caranya cukup menambahkan satu tetes minyak ke dalam secangkir air hangat, kemudian berkumur campuran ini.

Sementara penelitian lainnya, minyak ini juga dapat bertindak sebagai pengobatan antiseptik yang efektif melawan patogen oral. Ini juga bisa mengatasi masalah mulut lainnya, seperti radang gusi, plak, kerusakan gigi, dan bau mulut, karena memiliki efek antibakteri dan antiseptik.

12. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Daun herbal ini terkenal dapat mencegah peningkatan gas berbahaya dalam perut, sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan. Efek ini terkait dengan minyak atsiri dalam daun ini yang memberikan sifat karminatif (gas pereduksi). Ini juga bekerja sebagai antispasmodik dan membantu meredakan kram usus.

13. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Jika dikombinasikan dengan herbal lain, daun herbal ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Anda cukup mengoleskan campuran minyak lavender dan thyme pada rambut. Penelitian tertentu menunjukkan bahwa cara ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dalam waktu 7 bulan.

14. Meningkatkan Daya Ingat

Mengonsumsinya dalam bentuk teh bisa membantu meningkatkan daya ingat dan fokus serta memperlambat pengendapan beta-amiloid di otak. Sebuah penelitian di Brasil menemukan bahwa apigenin, senyawa dalam teh ini dapat meningkatkan hubungan antara sel-sel otak. Ini meningkatkan hormon yang menunda timbulnya gangguan neurodegeneratif dan kejiwaan seperti penyakit Parkinson, Alzheimer, skizofrenia, dan depresi.

15. Mengatasi Kram Menstruasi

Manfaat teh ini juga sangat efektif dalam menghilangkan kram menstruasi karena efek anti-spasmodik dari senyawa aktif tertentu. Ini juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat haid, bahkan memperbaiki efek samping lainnya, seperti perubahan suasana hati (mood).

Baca Juga:10 Manfaat Daun Kari dan Nutrisinya bagi Kesehatan

Efek Samping

Menggunakan tanaman herbal ini dalam jumlah yang sedikit umumnya aman bagi tubuh Anda. Namun, jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak atau berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Berikut ini beberapa efek samping dari daun thyme:

  • Migrain atau sakit kepala berdenyut
  • Mual
  • Reaksi alergi
  • masalah pencernaan

 

  1. Felman, Adam. 2018. What are the benefits of thyme?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266016#history (Diakses pada 28 April 2021)
  2. Price, Annie. 2020. Thyme Benefits for Your Throat, Heart and Mood. https://draxe.com/nutrition/thyme/. (Diakses pada 28 April 2021)
  3. Staughton, John. 2020. Thyme: Nutrition, Benefits & Uses. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/thyme.html (Diakses pada 28 April 2021)
  4. Staughton, John. 2020. Thyme Tea: Benefits & How To Make It. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/thyme-tea.html (Diakses pada 28 April 2021)
  5. Tadimalla, Ravi T. 2019. , hinggaenefits Of Thyme For Skin, Hair, And Health. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-and-uses-of-thyme-for-skin-hair-and-health/ (Diakses pada 28 April 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi