Terbit: 24 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika Anda dan pasangan sudah mengupayakan berbagai cara untuk mendapatkan momongan namun belum berhasil, mungkin Anda bisa mencoba terapi akupunktur. Banyak masyarakat percaya bahwa terapi tusuk jarum ini dapat meningkatkan kesuburan dan meningkatkan peluang untuk hamil.

Benarkah Terapi Akupunktur Bisa Memperbaiki Kesuburan?

Terapi akupunktur adalah pengobatan alternatif asal Tiongkok dengan menggunakan jarum. Beberapa penelitian menemukan bahwa sejumlah wanita dengan gangguan sistem reproduksi akhirnya dapat berhasil hamil. Menurut Wolfgang Paulus, spesialis kandungan dan kebidanan Universitas Ulm, Jerman, menyatakan bahwa 42% wanita yang menjalani terapi akupunktur sebelum dan setelah mengikuti program bayi tabung dapat berhasil hamil, namun tidak demikian dengan 26 wanita yang ikut program bayi tabung tanpa disertai dengan akupunktur.

Meskipun banyak wanita yang bisa hamil setelah menjalani akunpunktur, namun fakta bahwa akupunktur bisa mengatasi masalah kesuburan sebenarnya masih pro dan kontra. Sebagian besar penelitian menyatakan bahwa terapi ini dapat mengatasi stres yang dialami pasangan yang sedang mengalami kesuburan, namun tidak ditujukan sebagai pengobatan utama dari gangguan kesuburan.Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa akupuntur dapat melancarkan aliran darah ke rahim sehingga aliran nutrisi menuju rahim dan ovarium dapat berlangsung lebih optimal.

Penelitian lain menyebutkan bahwa akupunktur hanya berdampak sedikit terhadap kesehatan reporduksi wanita. Sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita yang mengalami ketidakseimbangan hormon (polycystic ovary syndrome) atau PCOS, menyatakan bahwa terapi akupunktur tidak memiliki pengaruh signifikan pada kesuburan. Karena itu perlu penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh akupunktur pada kesuburan.

Bagi Anda yang ingin mencoba akupunktur untuk meningkatkan kesuburan, Anda juga perlu mengetahui risikonya. Umumnya risiko terapi akupunktur adalah gejala ringan seperti infeksi, kulit membiru, atau jarum yang patah. Pilih klinik akupunktur terpercaya sambil berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk meningkatkan kesuburan Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi