Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComUS Departement of Health and Human Services meneliti apakah ada hubungan antara konsumsi susu formula (sufor) dengan meningkatnya kejadian diabetes. Hal ini dipicu dengan tingginya angka diabetes, utamanya diabetes tipe satu. Benarkah bahwa susu formula menyebabkan anak mengalami diabetes sejak kecil?

Benarkah Susu Formula Membuat Anak Diabetes?

Diabetes tipe satu menyebabkan anak memerlukan perhatian dan ketelatenan khusus dalam penggunaan insulin setiap hari. Untuk itu mulai diteliti mengapa diabetes tipe satu semakin meningkat kejadiannya dan apakah ada keterkaitannya dengan konsumsi susu formula.

Kandungan pada susu formula menyebabkan diabetes pada anak

Penelitian yang dilakukan dipicu oleh perkiraan bahwa kandungan formula, utamanya protein pada susu sapi, yang ada pada sufor bisa menyebabkan anak mengalami diabetes.

Kondisi ini disebabkan asupan protein kompleks dari susu sapi menyebabkan tubuh menganggapnya sebagai asupan makanan atau zat gizi yang tidak cocok. Hal ini kemudian membuat sel tubuh memproduksi insulin.

Susu formula tidak meningkatkan risiko diabetes

Penelitian dilakukan pada dua kelompok dengan subjek anak-anak yang sejak awal memiliki riwayat genetik diabetes tipe satu. Kemudian kedua kelompok anak ini diberikan formula yang berbeda, yaitu dari susu sapi biasa, dan susu sapi yang telah mengalami proses pemecahan protein menjadi lebih kecil atau kompleks.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Susu formula tersebut diberikan secara rutin dan terkontrol selama paling tidak 60 hari untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemberian kedua jenis susu formula.

Hasilnya, risiko terjadinya diabetes tipe satu sama besarnya antara kedua jenis susu formula. Susu formula biasa atau yang telah mengalami proses pemecahan protein tidak meningkatkan atau memperparah risiko terjadinya diabetes.

Dr. Dorothy Becker, pakar kesehatan dari University of Pittsburgh menyebutkan bahwa hasil penelitian ini tidak membuktikan adanya risiko diabetes pada anak dengan konsumsi susu formula.

Selain itu, pada anak yang telah mengalami diabetes tipe satu, maka konsumsi susu formula tidak serta merta bisa mencegahnya dari diabetes tipe satu. Diabetes tipe satu pada anak tidak bisa dicegah dengan mudah tambahnya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi