Terbit: 11 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu makanan khas Jepang yang digemari oleh masyarakat di hampir seluruh dunia adalah sushi. Hanya saja, karena terbuat dari daging ikan mentah, banyak orang yang meragukan klaim yang menyebutkan bahwa sushi termasuk dalam makanan yang sehat.

Terbuat dari Ikan Mentah, Benarkah Sushi Menyehatkan?

Dilansir dari Men’s Health, pakar nutrisi Jessica Perez, R.D. menyebutkan bahwa sehat tidaknya sushi ternyata tergantung pada jenis sushi apa yang kita pilih. Jika kita mengonsumsi sushi yang dengan daging ikan yang kaya akan asam lemak seperti salmon, maka kita akan mendapatkan nutrisi asam lemak omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan dalam jumlah yang banyak.

Hanya saja, jika kita memilih untuk memilih sushi dengan daging ikan seperti tuna atau mackerel, ada kemungkinan kita justru mengonsumsi merkuri dalam jumlah banyak. Perez menyarankan kita untuk memilih satu atau dua porsi sushi dan mengonsumsi asupan protein tambahan dari udang, belut, atau kerang. Mengapa hanya satu atau dua porsi?

Ternyata, di setiap porsinya kita bisa mengonsumsi nasi dalam jumlah yang cukup banyak. Padahal, nasi bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Hal ini tentu bisa membuat kita lebih mudah terkena kenaikan berat badan atau bahkan meningkatkan risiko terkena diabetes.

Perez juga menyarankan kita untuk tidak memilih sushi dengan tambahan mayonnaise. Ia juga meminta kita untuk memilih The California Roll, The Vegetarian Roll, dan Sashimi yang lebih sehat. Sementara itu, beberapa jenis sushi yang sangat tidak ia sarankan adalah The Philadelphia Roll, The Kamikaze Roll, The Boston Roll, The Dragon Eye, dan Tempura atau Panko Rolls. Jenis sushi-sushi ini memiliki kandungan yang dianggap kurang baik bagi kesehatan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi