Terbit: 7 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sarapan merupakan kegiatan yang penting dilakukan setiap pagi. Dengan makan makanan yang sehat saat sarapan, Anda akan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Salah satu menu sarapan yang sering dikonsumsi adalah sereal. Selain praktis dan cepat, sereal juga menyehatkan. Namun baru-baru ini seorang ahli gizi justru menyarankan untuk memilih sarapan pizza daripada sereal. Mengapa?

Benarkah Sarapan Pizza Lebih Baik Dari Sereal?

Photo Credit: flickr/ Andy Rogers

Dilansir dari Health, Chelsey Amer, ahli gizi di New York menyebutkan bahwa pizza memiliki kalori yang sama dengan semangkuk sereal dan susu, namun pizza memiliki lemak lebih banyak dan lebih sedikit gula. Hal ini berarti mengonsumsi pizza saat sarapan dapat mencegah munculnya sugar crash, yaitu kondisi tubuh yang lemas setelah mengeluarkan insulin dalam jumlah besar untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

Lebih lanjut Amer menambahkan bahwa pizza memiliki protein lebih banyak dari sereal sehingga dapat memuaskan nafsu makan dan mencegah keinginan untuk ngemil di antara waktu makan.

Sementara itu pendapat Amer dibantah oleh Keri Gans, ahli gizi asal New York, yang menyatakan bahwa sereal dapat menjadi pilihan menu sarapan sehat asalkan memilih sereal dengan nutrisi yang tepat. “Kalau Anda memilih sereal yang dilengkapi dengan serat, sarapan ini dapat membantu Anda mengurangi kolesterol dan mengontrol gula darah,” jelas Gans.

Gans menambahkan, yang perlu diperhatikan adalah tambahan dalam sereal tersebut. Jika susu diganti dengan yogurt, lalu ditambah buah-buahan dan kacang-kacangan, maka komposisi sereal ini tentu akan lebih sehat dari sepotong pizza.

Sedangkan Melissa Rifkin, ahli gizi yang juga berasal dari New York menyatakan bahwa meskipun pizza memiliki protein lebih banyak dari sereal, namun sepotong pizza belum mengandung nutrisi yang cukup untuk beraktivitas seharian. Menurut Rifkin, pizza akan lebih sehat jika diberi tambahan keju, gandum utuh dan lebih banyak sayuran. Selain lebih sedikit mengandung gula, makanan ini juga kaya akan serat dan protein.

Bagaimana dengan Anda, apa menu sarapan Anda hari ini?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi