DokterSehat.Com– Ada dua pilihan metode melahirkan yang dikenal luas di masyarakat, yaitu persalinan normal dan operasi caesar. Terkait dengan metode persalinan, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa anak-anak yang lahir melalui operasi caesar mengalami kegemukan di usia balita.

bayi-baru-lahir-doktersehat

Photo Credit: Adam McGuffie

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh MRC Centre for Reproductive Health at the University of Edinburgh menemukan bahwa rata-rata 9.2 dari 100 bayi yang lahir melalui persalinan normal mengalami kegemukan sebelum usia 5 tahun.

Sedangkan pada anak-anak yang lahir melalui operasi caesar ditemukan bahwa angka tersebut meningkat. Sekitar 14 dari 100 bayi yang lahir dengan operasi caesar mengalami kegemukan sebelum usia 5 tahun.

Dr. Sarah Stock, salah satu peneliti dari University of Edinburgh tersebut mengatakan bahwa bahwa para ibu tidak perlu khawatir jika harus melahirkan dengan operasi caesar. Namun, para ibu tetap harus mengetahui risiko dari metode persalinan tersebut.

“Meskipun kita tidak dapat menyimpulkan bahwa persalinan caesar dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu, namun ibu hamil dan dokter harus menyadari bahwa persalinan caesar memiliki risiko jangka panjang untuk bayi dan kehamilan berikutnya,” jelas Dr. Sarah Stock seperti dikutip dari laman kidspot.

Ia juga mengimbau bagi para dokter dan ibu hamil untuk berdiskusi sebelum menentukan metode persalinan dan memahami setiap risiko yang akan dialami karena kondisi setiap ibu hamil berbeda-beda.

Meskipun dalam penelitian tersebut tidak dilakukan penelitian lebih lanjut tentang hubungan antara operasi caesar dengan kegemukan, namun Dr. Sarah menduga hal ini karena ibu yang melahirkan dengan operasi caesar cenderung tidak menyusui dengan baik.

Sementara itu dokter kandungan terkemuka di Australia, Dr. Gino Pecoraro punya pendapat lain terkait penelitian tersebut. Ia menyatakan bahwa risiko anak mengalami obesitas terkait dengan kondisi ibunya.

“Salah satu alasan meningkatnya angka operasi caesar adalah karena meningkatknya angka kegemukan pada ibu hamil dan usia ibu. Keduanya memiliki risiko ibu hamil mengalami diabetes gestasional,” jelasnya dikutip dari daily telegraph.

Jika ibu hamil mengalami obesitas kemungkinan akan membutuhkan operasi caesar dan anak-anaknya kemungkinan memiliki masalah dengan kegemukan dan diabetes saat dewasa. “Jadi bukan karena operasi caesarnya, tapi terkait dengan itu,” imbuhnya.

Nah, bagaimana Moms? Tidak perlu khawatir dengan pilihan persalinan yang akan Anda lakukan, namun selalu jaga kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan agar terhindar dari penyakit serius.