Terbit: 9 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat yakni saat minum madu, ada baiknya kita tidak memakai sendok logam untuk mengambilnya. Jika kita melakukannya, maka logam yang bersifat mudah berkarat ini akan tercampur dengan madu yang bersifat asam dan akhirnya membuat kandungan logam tercampur dengan madu yang dikonsumsi sehingga bisa membahayakan kesehatan kita. Sebenarnya, apakah mitos ini benar adanya?

Benarkah Mitos Minum Madu Sebaiknya Tidak Memakai Sendok Logam?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mitos ini ternyata tidak perlu dipercaya. Memang, madu memiliki sifat asam. Namun, sendok logam dan madu hanya akan bersentuhan dalam waktu yang cukup singkat dan hal ini sama sekali tidak cukup untuk membuat sendok logam terkorosi, apalagi membuat kandungan logamnya lepas dan tercampur dengan madu tersebut. Hal ini berarti, kita tidak perlu khawatir untuk mengambil madu dengan sendok logam karena akan tetap mendapatkan manfaat sehatnya.

Beberapa fakta tentang madu yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah madu tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Selain itu, madu memiliki rasa yang lebih manis dari gula namun lebih kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Jika mengkonsumsi gula dengan berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan, mengkonsumsi madu justru baik bagi kesehatan.

Jika Anda ingin membakar lebih banyak lemak tubuh saat tidur, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi madu sebelum kita terlelap. Dengan melakukannya, kandungan di dalam madu akan membantu proses pembakaran lemak selama kita tidur dan akhirnya membuat berat badan akan lebih cepat turun.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi