Benarkah Minyak Zaitun Bisa Mengatasi Masalah Kutu Rambut?

doktersehat-kesehatan-rambut-bercabang

DokterSehat.Com– Kutu rambut adalah salah satu masalah yang sering muncul dan bisa sangat mengganggu. Tidak hanya membuat kulit kepala terasa gatal, tapi juga akan mengganggu rasa percaya diri. Minyak zaitun adalah salah satu bahan yang digunakan untuk mengatasi masalah ini. Namun, benarkah minyak zaitun bisa mengatasi masalah kutu rambut?

1. Perawatan minyak zaitun

Minyak sayur diketahui sangat bermanfaat untuk mengatasi kutu secara efektif dan tidak memiliki efek samping. Seperti yang dilansir dari stylecraze.com, ketika kutu terendam minyak zaitun selama lebih dari dua jam, mereka akan mati karena kehabisan napas. Nah, minyak zaitun bekerja untuk mengatasi kutu dengan melapisi kulit kutu dewasa sehingga membuat mereka kehabisan oksigen.

2. Membersihkan telur kutu

Meski dapat digunakan untuk membunuh kutu dewasa, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minyak zaitun juga dapat menghilangkan telur kutu. Namun, Anda bisa membunuh kutu dengan minyak zaitun dan merenggangkan melekatnya kutu rambut dengan mengoleskan cuka pada rambut setelah keramas. Membilas air dengan cuka berkualitas baik segera setelah keramas akan merengganggkan telur kutu sehingga mudah dibersihkan dengan sisir.

3. Tambahkan minyak esensial

Minyak esensial kaya akan antibakteri, antijamur dan properti insektisida. Dengan menambahkan minyak esensial seperti minyak lavender saat melakukan perawatan, hal ini dapat membantu memberikan manfaat terapeutik serta mencegah tertular kutu lagi. Minyak esensial juga mendorong penyembhan dan aromanya juga wangi dan menenangkan.

Masalah kutu yang sangat mengganggu bisa dibersihkan dengan obat kutu rambut yang tersedia di pasaran. Namun jika Anda bisa membersihkannya dengan bahan yang alami dan tanpa risiko efek samping, mengapa tidak mencobanya? Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk menyingkirkan kutu rambut Anda.