Terbit: 25 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minyak kelapa belakangan ini sangat populer. Bahan ini sering digunakan untuk masker rambut agar tumbuh lebih cepat atau merawat kutikula hingga kuku terlihat bersih dan cantik. Tapi beberapa orang mengaku bahwa minyak kelapa juga bagus untuk menyembuhkan jerawat loh. Benarkah demikian? Mengingat jerawat biasanya terjadi karena minyak, benarkah bisa melawan minyak dengan minyak lainnya? Berikut adalah penjelasan agar Anda tak salah arah.

Benarkah Minyak Kelapa Ampuh Menghilangkan Jerawat?

1. Pendapat Ahli yang Membenarkan

Dilansir dari Women Health Mag, dermatologis kosmetik dari New York bernama Sejal Shah, M.D., mengatakan bahwa kandungan lemak asam pada minyak kelapa terdapat anti-inflamasi dan antimikroba yang bisa melawan bakteri P. acnes, bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu, minyak kelapa juga handal melembabkan kulit, dan hal ini penting sekali dalam proses penyembuhan jerawat. Saat menggunakan minyak kelapa untuk merawat jerawat, Anda akan terhindar dari kulit kering yang biasanya akan menyebabkan bekas luka jerawat.

2. Pendapat Ahli Lain yang Tak Setuju

Adapun Libby Rhee dari sumber yang sama mengungkapkan bahwa wanita tidak bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat jerawat instan. Dalam beberapa kasus, jika menggunakan minyak kelapa terlalu banyak dalam perawatan jerawat malah membuatnya semakin parah. Tapi bukan berarti minyak kelapa tidak bisa digunakan sebagai obat jerawat.

3. Cara Terbaik Menggunakan Minyak Kelapa untuk Jerawat

Minyak kelapa bisa Anda gunakan dalam rangkaian perawatan jerawat. Cara yang terbaik adalah menggunakannya sebagai penghapus makeup. Hal ini dikarenakan bahan dasarnya yang merupakan minyak mampu mengikat sebum dan kotoran yang ada di wajah. Minyak akan menarik kotoran dari pori-pori dan kulit tetap ternutrisi dengan baik dengan kandungan baiknya. Nah jangan lupa setelah membersihkan wajah dengan minyak kelapa, usap dengan penyegar untuk mengangkat sisa minyak ya.

Para ahli menyarankan untuk menggunakan minyak kelapa murni sebab mereka mengandung asam lemak alami yang seimbang. Jadi Anda bisa menggunakannya sebagai pelembab kulit yang aman. Atau pakailah minyak kelapa yang tidak memakai aroma tambahan, karena pewangi adalah salah satu pemicu umum munculnya jerawat. Sudah siap mencoba?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi