Terbit: 21 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat sarapan biasanya ada cukup banyak jenis minuman yang kita pilih. Beberapa jenis minuman saat sarapan adalah susu, jus buah dan air putih. Jus buah kini cukup banyak dipilih saat sarapan karena kandungan vitamin dan mineral pada buah mampu mendukung aktivitas harian tubuh. Namun, beberapa orang beranggapan bahwa minum jus buah saat sarapan berbahaya, benarkah demikian?

Benarkah Minum Jus Saat Sarapan Berbahaya?

Saat sarapan buah dan sayur dapat disajikan utuh (buah langsung dimakan, sayur diolah sebagai masakan) atau di jus. Sayur dan atau buah yang disajikan dalam bentuk di jus umumnya lebih mudah untuk kita konsumsi karena konsistensinya yang cair. Sehingga banyak orang yang kini mulai mengkonsumsi jus pada saat sarapan agar kebutuhan serat, vitamin dan mineralnya dapat terpenuhi.

Mengonsumsi jus buah justru baik untuk dilakukan karena memberikan manfaat bagi tubuh. Yang perlu diperhatikan agar minum jus saat sarapan agar tidak berbahaya adalah:

  • Jenis buah yang dipilih
  • Beberapa jenis buah yang asam seperti jeruk dapat meningkatkan asam lambung sehingga pada penderita maag sebaiknya tidak meminum jus yang bersifat asam saat sarapan.

  • Waktu minum jus
  • Minum jus saat sarapan sebaiknya tidak dilakukan saat perut benar-benar kosong, alasannya hampir mirip dengan sebelumnya, beberapa jenis buah dapat bersifat asam sehingga apabila dikonsumsi saat perut kosong akan meningkatkan asam lambung dan dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada perut. Sebaiknya minum jus setelah perut terisi oleh makanan jenis lain yang tidak asam terlebih dahulu atau memberi jeda setelah makan untuk minum jus.

Makanan yang baik dimakan saat sarapan adalah makanan yang mampu mewakili golongan karbohidrat, protein dan buah atau sayur. Buah dan sayur merupakan makanan yang akan memberikan asupan serat harian bagi tubuh kita. Asupan serat harian bagi orang dewasa adalah sebesar 30-35 gram dalam sehari. Agar angka tersebut terpenuhi maka sebaiknya kita mengonsumsi sayur dan atau buah dalam setiap kali makan atau saat kudapan/ ngemil. Hal ini tentu juga berlaku untuk waktu makan saat sarapan.

Nah, sekarang asal kita memerhatikan jenis buah dan waktu meminumnya kita tidak perlu ragu lagi untuk minum jus saat sarapan ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi