Benarkah Minum Air Kelapa saat Hamil Bisa Membuat Bayi Jadi Putih?

doktersehat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil
pic credit: phu thinh co

DokterSehat.Com– Air kelapa memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Cairan yang terdapat di dalam batok kelapa ini mengandung banyak ion yang mampu menghidrasi tubuh dengan cepat. Selanjutnya, air kelapa juga bisa digunakan untuk menetralkan racun atau efek obat. Beberapa orang yang keracunan makanan atau ingin meluruhkan obat di dalam tubuhnya bisa mengonsumsi air kelapa berserta buahnya.

Selain bisa digunakan untuk dua hal di atas, air kelapa dipercaya mampu membuat tubuh bayi yang ada di dalam kandungan jadi putih. Lantas, benarkah air kelapa bisa mengubah warna kulit dari bayi?

Kebenaran air kelapa busa ubah warna kulit bayi
Menurut dr. Karin Wiradarma, air kelapa memang bermanfaat untuk kulit manusia karena mengandung Vitamin C. Kandungan ini akan membuat kulit jadi lebih ternutrisi, lebih kenyal, dan membentuk kolagen. Namun, air kelapa tidak bisa digunakan untuk mengubah warna kulit, misal dari gelap ke lebih terang.

Jadi, apakah air kelapa bisa membuat bayi jadi lebih putih kalau ibu kerap meminumnya saat hamil? Jawabannya adalah tidak. Pernyataan yang banyak beredar itu hanyalah mitos yang cukup menyesatkan.

Konsumsi air kelapa yang benar
Meski tidak memberikan dampak pada perubahan warna kulit dari bayi. Air kelapa masih bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Namun, bayi dengan usia kurang dari dua tahun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa. Orang tua lebih disarankan untuk memberi ASI eksklusif hingga anak berusia 2 tahun.

Nah, sekarang kita semua tahu kan kalau mengonsumsi air kelapa muda atau air kelapa hijau tidak akan memberikan efek apa-apa pada kulit bayi. Meski demikian, Anda tetap boleh mengonsumsi air kelapa saat hamil untuk membuat tubuh selalu segar dan selalu bertenaga.