Benarkah Minum Air Es Bisa Membuat Gemuk?

Doktersehat-apakah-air-dingin-bisa-membuat-gemuk
Photo Credit: Flickr.com/vsreddy_n

DokterSehat.Com – Bagi Anda yang sedang menjalan program diet, salah satu cerita yang hingga kini masih banyak dipercaya adalah air es bikin gendut. Lantas, apakah air dingin bisa membuat gemuk benar adanya?

Sebuah penelitian mengungkapkan, pada dasarnya saat Anda mengonsumsi cairan (baik itu hangat atau dingin) tubuh akan memprosesnya sedemikian rupa sehingga suhu air tersebut akan sesuai dengan suhu tubuh.

Jika ada yang mengatakan bahwa minum air dingin membuat gemuk atau air es bisa membuat lemak membeku–serta air hangat bisa membuat lemak lebih mudah terurai, kedua argumen ini sama-sama belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Menurut penelitian, air dingin diserap oleh tubuh layaknya air pada umumnya dan tidak akan menyebabkan kegemukan.

baca juga: Berbahayakah Minum Air Es Saat Hamil?

Jika Anda kerap mengonsumsi minuman manis atau minuman bersoda yang dingin, maka kandungan glukosa dan berbagai kandungan lainnya akan membuat penumpukan lemak pada tubuh sehingga membuat Anda menjadi lebih gemuk.

Oleh karenanya, jika masih ada yang menanyakan apakah air dingin bisa membuat gemuk? Tentu berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan hasilnya adalah air es bikin gendut adalah mitos.

Selain menjawab pertanyaan tentang minum air dingin membuat gemuk atau tidak, sejumlah pakar kesehatan juga sering mendapatkan pertanyaan tentang kaitan antara konsumsi banyak air putih dan efek langsing yang ditimbulkannya.

Menurut pakar kesehatan, terlalu banyak mengonsumsi air putih justru tidak menjamin tubuh mudah langsing. Memang, konsumsi banyak air putih bisa membuat Anda kenyang sehingga tidak akan mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Namun, terlalu banyak minum air putih justru membuat Anda berisiko tinggi mengalami keracunan dan mengganggu proses pembakaran kalori. Alih-alih membuat tubuh mudah langsing, yang terjadi justru Anda bisa menjadi lebih gemuk karena kebiasaan ini.

Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi air putih dengan cukup, yakni sekitar 8 gelas per hari. Agar tubuh bisa terjaga kesehatan dan berat badannya, pastikan untuk selalu menerapkan pola makan yang sehat, berolahraga secara rutin, dan tidur dengan waktu yang cukup.

Manfaat Minum Air Dingin

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa mengonsumsi air es ternyata dapat meningkatkan metabolisme dan membuat perut lebih kenyang. Saat mengonsumsi air es, organ tubuh akan membakar kalori ekstra demi menghangatkan kembali cairan yang masuk ke tubuh.

Tubuh memerlukan cairan agar jalinan-jalinan sel dapat berfungsi dengan baik. Tubuh yang mengalami kekurangan cairan berisiko mengalami gangguan metabolisme tubuh. Padahal, kesehatan metabolisme penting untuk dijaga demi menjamin serangkaian proses kimiawi, termasuk mengubah makanan menjadi sumber tenaga.

Walau demikian, efek penurunan berat badan ini tidak begitu saja langsung diperoleh. Proses ini akan berlangsung secara bertahap tergantung peningkatan metabolisme tubuh. Meski begitu, hasil penelitian ini masih membutuhkan penelitian lanjutan.

Selain itu, minum air dingin setelah olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melakukan olahraga lebih lama dan dapat menjaga suhu tubuh inti tidak meningkat secara signifikan.

baca juga: bu Menyusui Minum Air Es, Aman tau Tidak?

Pada akhirnya, air putih merupakan minuman terbaik dibandingkan minuman-minuman lainnya. Jika Anda bosan mengonsumsi minuman yang tidak berasa, Anda bisa mencampur air mineral dengan perasan jeruk lemon, jeruk nipis, semangka, atau mentimun.

Setelah didapatkan fakta air es bikin gendut adalah mitos, sebisa mungkin hindari makanan yang tinggi lemak atau karbohidrat karena inilah yang justru membuat Anda gemuk. Tetap utamakan air putih sebagai asupan harian.