Benarkah Menjadi Vegetarian Bisa Menurunkan Resiko Terkena Masalah Jantung?

doktersehat-pria-makanan-bergizi-sehat-sayur-buah-bahagia-diet-sindrom-metabolik

DokterSehat.Com– Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di seluruh dunia. Bagaimana tidak, kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit ini sangatlah banyak. Demi mencegah penyakit ini, sebagian orang bahkan sampai rela untuk memilih menjadi vegetarian. Logikanya, dengan menghindari makanan yang terbuat dari bahan daging-dagingan dan memilih untuk mengkonsumsi makanan sehat dari sayuran atau buah, maka kesehatan jantung dan pembuluh darah akan menjadi lebih baik. Sebenarnya, apakah menjadi vegetarian memang bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa menerapkan diet sehat, khususnya dengan menjadi vegetarian, ternyata bisa menurunkan resiko terkena gagal jantung hingga 42 persen. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan di Ichan School of Medicine yang ada di New York, Amerika Serikat, berhasil membuktikan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan dan cenderung menghindari bahan makanan daging dan olahannya akan secara signifikan menurunkan resiko masalah kesehatan jantung.

Pakar kesehatan dr. Kyla Lira menyebutkan bahwa selain daging dan olahannya, makanan dan minuman lain yang patut dihindari untuk menjaga kesehatan jantung adalah makanan yang kaya karbohidrat dan lemak layaknya gorengan dan makanan cepat saji, minuman beralokohol, dan minuman bersoda.

Tak hanya baik bagi kesehatan jantung, pakar kesehatan dari Bristol University juga menyebutkan bahwa menjadi vegetarian ternyata juga akan menurunkan resiko terkena masalah kesehatan mental layaknya stress atau depresi. Melihat adanya fakta ini, apakah anda tertarik untuk menerapkan gaya hidup vegetarian demi menjaga kesehatan jantung?

Jika anda merasa kurang tertarik dengan gaya hidup ini, setidaknya anda bisa mulai menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang, rajin berolahraga, dan mendapatkan waktu tidur yang cukup demi mencegah datangnya masalah kesehatan jantung.