Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kismis merupakan salah satu jenis makanan yang kerap disarankan untuk tambahan pada menu diet sehat Anda. Hal ini lantaran kismis mengandung beragam jenis vitamin dan mineral yang mampu menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu kismis juga dikenal sebagai salah satu makanan yang rendah lemak. Kismis diketahui mengadung vitamin C, K dan B-6 serta beragam mineral, tidak heran jika sejumlah orang menyatakan jika kismis dapat merawat kesehatan rambut seperti berikut.

Benarkah Mengonsumsi Kismis Menjadikan Rambut Lebih Sehat?

Photo Credit: migle

1. Vitamin C

Dilansir dari laman Hair Essential, kandungan vitamin C pada kismis ternyata dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi. Zat besi sendiri akan melancarkan peredaran darah pada kulit kepala yang menjadikan kulit kepala lebih lembap dan kuat. Kondisi yang demikian akan mencegah Anda mengalami rambut rontok hingga masalah ketombe.

2. Vitamin K

Jenis vitamin lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut adalah vitamin K. Sebagai tambahan informasi, vitamin K merupakan vitamin yang menstimulasi pertumbuhan rambut. Tidak heran jika mengonsumsi kismis dapat menjaga rambut tetap kuat dan lebat.

3. Vitamin B-6

Sejumlah masalah pada rambut kerap dikaitkan dengan kesehatan kulit kepala. Namun, dengan mengonsumsi kismis, masalah tersebut akan terhindari. Apalagi kismis mengandung vitamin B-6 yang baik dalam melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Hal tersebut akan menjadikan kulit lebih lembap, sehat dan kuat. Kondisi yang demikian justru tidak disenangi oleh jamur mau pun bakteri yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit. Mulai dari ketombe hingga psoriasis.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Kalsium

Kandungan kalsium pada kismis ternyata juga menstimulasi pertumbuhan sel rambut yang lebih sehat dan kuat. Tidak hanya itu saja, kalsium juga merangsang produksi keratin yang menjaga batang rambut lebih sehat dan kuat. Hal ini tentu akan melindungi rambut lebih optimal. Terutama bagi Anda yang sering menggunakan styling tool.

Kendati ukurannya terbilang kecil, siapa yang menyangka jika kismis mengandung beragam jenis vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Tidak heran jika kismis selalu dimasukkan ke dalam menu diet sehat. Bagi Anda yang memiliki sejumlah masalah dengan kesehatan rambut, tidak ada salahnya untuk mulai menambahkan kismis pada menu harian. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi