Benarkah Menghitung Domba Bisa Membuat Kita Cepat Tidur?

tips cepat tidur

DokterSehat.Com– Saat kita sedang susah tidur, pasti ada orang yang menyarankan kita untuk segera menghitung domba. Sebenarnya, apakah trik menghitung domba ini memang cukup efektif untuk mengatasi masalah susah tidur dan membuat kita bisa segera terlelap?

Pakar kesehatan di bidang tidur bernama Hillary Thompson menyebutkan bahwa menghitung domba memang benar-benar bisa mengatasi masalah susah tidur. Dengan melakukannya, maka kita akan melatih otak agar bisa menjadi lebih santai. Hal ini juga akan membuat kita melakukan pikiran yang berulang dan berimbas pada melambatnya kinerja otak sekaligus menghilangkan pikiran yang bisa memicu datangnya stress, salah satu penyebab mangapa kita tidak bisa segera terlelap.

Lantas, sebenarnya sejak kapan ide menghitung domba untuk mengatasi masalah susah tidur ini mulai dikenal manusia? Mental Floss menyebutkan bahwa tradisi ini mulai dilakukan pada abad pertengahan di Inggris, waktu dimana banyak orang yang menggembalakan domba di tempat umum. Agar tidak kehilangan domba-dombanya, para warga pun selalu menghitungnya dengan seksama setiap malam. Namun, setiap kali menghitungnya, banyak orang yang mengaku merasa mengantuk.

Hanya saja, ada sebuah literature yang dibuat pada abad ke 12 bernama Disciplina Clericalis yang menyebutkan bahwa kebiasaan menghitung domba ternyata dikenal luas dari masyarakat budaya Islam sejak lama.

Meskipun mampu membantu kita lebih cepat tidur, sebuah penelitian lain yang dilakukan di Oxford University, Inggris, berhasil menemukan cara yang lebih baik untuk lebih cepat tidur, yakni menggambar air terjun dan sungai.