Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah melihat pemberitaan yang menyebutkan bahwa mengonsumsi air minum yang dimasak ulang bisa menyebabkan kanker. Memasak ulang air minum disebut-sebut bisa membuat perubahan kandungan mineral yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita dengan signifikan. Apakah hal ini benar adanya?

Benarkah Memasak Ulang Air Minum Bisa Memicu Kanker?

Dilansir dari Good times, salah satu artikel yang menyebutkan bahwa memasak ulang air minum bisa meningkatkan konsentrasi bahan kimia berbahaya seperti arsenik, nitrat, dan fluoride dipublikasikan oleh Healthy Holistic Living pada 2015 silam. Dalam artikel tersebut, terbiasa mengonsumsi minuman yang dimasak ulang bisa memicu datangnya kanker, penyakit kardiovaskular, batu ginjal, keracunan arsenik, dan bahkan gangguan kesuburan.

Hanya saja, menurut American Cancer Society, hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan fakta bahwa ada kaitan kuat antara kandungan fluoride di dalam air minum dengan risiko kanker. Bahkan, sebuah studi yang dilakukan para ahli dari United Kingdom National Health Service dan University of York juga menghasilkan fakta bahwa kandungan fluoride dalam air minum tidak terkait dengan kanker atau penyakit membahayakan lainnya.

Penelitian lain yang dilakukan para ahli dari Harvard School of Public Health yang dipublikasikan tahun 2006 dan 2011 juga menghasilkan fakta bahwa kandungan fluoride dalam air minum tidak meningkatkan risiko kanker tulang.

Berbagai hasil penelitian ini menunjukkan fakta bahwa kita tidak perlu khawatir untuk memasak kembali air minum. Selain itu, pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa hampir tidak mungkin untuk mencari air minum yang tidak memiliki kandungan fluoride.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Alih-alih meributkan apakah konsumsi air minum yang dimasak ulang berbahaya atau tidak, ada baiknya kita selalu memastikan untuk mencukupi kebutuhan air minum setiap hari dan memastikan bahwa air minum yang kita konsumsi adalah steril, bersih, dan aman untuk dikonsumsi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi