Terbit: 5 Desember 2019 | Diperbarui: 6 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Di saat perubahan cuaca terjadi, banyak orang yang terkena virus influenza. Sebagian besar orang menggunakan masker untuk melindungi diri agar tidak tertular. Namun, benarkah masker efektif untuk mencegah serangan virus influenza?

Benarkah Masker Bisa Mencegah Penyebaran Flu?

Dilansir dari laman Health, Sherif Mossad, MD, spesialis penyakit menular di Cleveland Clinic, Ohio, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa masker memang dapat membantu mencegah flu. “Virus influenza dibawa oleh partikel udara. Jadi secara teknis masker memang dapat mencegah penyebaran virus influenza ke orang lain,” jelasnya.

Penggunaan masker pun perlu diperhatikan agar tetap efektif mencegah serangan penyakit. Ketika Anda menggunakan masker sekali pakai, hendaknya masker tersebut benar-benar Anda gunakan hanya untuk satu kali kesempatan dan segara ganti masker tersebut jika basah. Masker yang basah dapat mengurangi keefektifannya dalam mencegah flu, karena itu jaga kondisi masker agar tetap kering.

Meskipun masker memang dapat membantu Anda mencegah penyebaran virus flu, namun sebaiknya Anda juga aktif melakukan pencegahan lain. Salah satunya adalah dengan menerapkan kebiasaan mencuci tangan. Berbagai bakteri seperti penyebab diare dan infeksi saluran napas sangat banyak ditemui di tangan. Karena itu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun dapat membunuh banyak kuman. Lakukan cuci tangan di saat sebelum dan sesudah makan, sesudah bersin atau batuk, dan sesudah buang air besar maupun kecil.

Bagi Anda yang memiliki daya tahan tubuh yang baik sebenarnya dapat dengan mudah terhindar dari penyakit flu. Namun jika Anda mulai merasa tidak enak badan dan hidung terasa buntu, maka sebaiknya segera perbanyak makanan yang sehat dan minum minuman hangat, lalu perbanyak istirahat. Jika Anda mulai terjangkit virus flu, sebaiknya Anda juga menggunakan masker untuk membantu orang lain tetap sehat dan terhindar dari penyebaran flu.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi